Tips Merawat DOC yang Baik

Tips Merawat DOC (Day Old Chicken) yang Baik

Merawat DOC merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah. Nah kali ini sinauternak menyajikan artikel Tips Merawat DOC yang Baik yang ditulis oleh Yayang Resty, Alumni Jurusan Peternakan UNS.

Setiap peternak broiler justru ingin mendapatkan hasil daging yang berkualitas, tentu saja DOC merupakan salah satu aspek kunci keberhasilannya. Selain DOC, manajemen perwatan juga mempengaruhi kualitas daging yang akan dihasilkan. DOC yang berkualitas namun perawatan yang kurang baik hasil yang didapatkan tidak akan maximal, begitupula sebaliknya.

Tips Merawat DOC yang Baik

Berikut adalah hal-hal yang bisa diperhatikan dan bisa diterapkan untuk merawat DOC yang baik :

1. Larutan Gula Merah

Fungsi larutan gula merah untuk menjadikan DOC lebih berenergi, sehingga DOC tidak lemas setelah perjalanna jauh. Larutan gula merah bisa dibuat dengan mencampurkan 1 sendok makan gula merah dengan 200 ml air. Ketika DOC dikeluarkan dari boxnya celupkan kedala larutan gula merah kemudian letakan dalam area brooding.

2. Kandang

DOC berbeda kondisi tubuhnya dengan ayam dewasa. Tubuh DOC masih rentan dan mudah kedinginan oleh karenanya kandang DOC idealnya tertutup agar tidak dimasuki angin terlalu besar. Kandang box bisa dilapisi plastik untuk membuat ayam tetap hangat. Bagian atasnya bisa menggunakan strimin kawat untuk membuat ventilasi udara. Selain kandang yang tertutup DOC juga membutuhkan kandang yang bersih. Kandang yang bersih adalah kandang yang kering, tidak lembab dan tidak ada tumpukan feses ayam. Perlunya dilakukan pembersihan ayam yang berkala dikarenakan tumpukan feses ayam jika tidak dibersihkan akan menyebabkan kadar amonia di dalam kandang menjadi tinggi. Hal ini akan membuat DOC tidak nafsu makan karena terlalu banyak menghirup amonia.

simak artikel berikut : Kandang Ayam Broiler Terbuka vs Closed House, Mana yang Terbaik?

3. Lampu

Pemasangan lampu berfungsi untuk membantu penglihatan ayam DOC di malam hari agar terhindar dari serangan hewan seperti tikus dan untuk menghangatkan DOC. Jumlah lampu disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila DOC berkumpul pada satu tempat itu tandanya lampu kurang.

4. Brooder

 

Brooder DOC
Brooder DOC

Untuk menjaga daya tahan tubuh DOC digunakan brooder agar DOC tidak merasa kedinginan. Terutama pada saat musim peghujan atau disaat udara sedang ekstrem. Fungsi broder dikandang adalah sebagai pengatur suhu, jadi harus selalu dikontrol agar tidak terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Jika DOC menyebar merata dalam brooding berarti suhu sudah tepat, jika DOC bergerombol di satu tempat berarti suhu terlalu rendah dan jika DOC menjauhi brooder berarti suhu terlalu tinggi. Pelebaran area brooding disesuaikan dengan pertumbuhan ayam.

5. Litter

Litter digunakan untuk memelihara DOC hingga umur ke 14 hari. Litter yang sering digunakan berasal dari serbuk gergaji, karena harganya murah dan mudah didapat. Ketebalan litter sebaiknya minimal 10 cm, dibolak-balik 2x seminggu dan diganti seminggu sekali. Litter sebaiknya telah terpasang diseluruh area kadang sebelum DOC datang. Khusus untuk hari pertama litter di lapisi koran diatasnya.

6. Pakan

Selanjutnya adalah dengan memberikan pakan. DOC baru bisa memakan pakan yang halus oleh karenanya diberikan pakan jenis bubuk. Letakan pakan tersebut di nampan plastik agar DOC bisa menceker pakan tersebut.

7. Vaksin

Vaksin dan Jadwal Vaksinasi Ayam Broiler

Perawatan yang tak kalah penting lainnya adalah vaksin. DOC tanpa vaksin akan lebih mudah terserang penyakit. Jenis vaksin yang diberikan untuk masa DOC yaitu dalam bentuk tetes mata dan hidung bukan suntik. Vaksin tetes mata adalah untuk vaksinasi ND. Selain itu pemberian vitamin secara berkala baik untuk menjaga daya tahan tubuh ayam tersebut agar menjadi lebih stabil. Vitamin juga berfungsi agar DOC menjadi lebih sehat. Pemberian vitamin dicampurkan dengan air minum

simak artikel : Vaksin dan Jadwal Vaksinasi Ayam Broiler

Demikian artikel Tips Merawat DOC dari sinau ternak. nantikan artikel menarik berikutnya. stay tuned ya. Mari Majukan Ternak Indonesia!!!

Sumber :

https://hobiternak.com/manajemen-pemeliharaan-doc-ayam-broiler/

http://alatternakayam.com/articles/ayam/6-cara-ini-dapat-meningkatkan-kualitas-perawatan-doc-ayam-broiler-anda/

https://article.id/pantangan-perawatan-doc-ayam-broiler/

https://kesehatan-ternak.blogspot.com/2015/11/cara-beternak-ayam-broiler-skala-kecil.html

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *