Categories
Budidaya

Mengenal Lebih Dekat Domba Garut

Siapa yang tak kenal dengan Domba Garut? Ternak kecil dengan tanduknya yang khas ini banyak kita jumpai di Kabupaten Garut Jawa Barat. Selain diambil daging, kulit dan bulunya, domba Garut dijadikan sebagai komoditas unggulan serta menjadi kebanggaan nasional.

Asal – Usul Domba Garut

domba garut

Domba Garut sendiri pada awalnya berasal dari domba Merino dan Kaapstad yang masuk ke wilayah Priangan dibawa oleh pengusaha teh KF Holle, yang menernakkan domba itu pertama kali pada 1864. Tak berselang lama, domba impor itu pun menyebar di kalangan penghobi domba, antara lain Bupati Garut Suryakarta Legawa (1915-1929). Adapun domba lokal yang disilangkan dengan domba impor itu berasal dari Kampung Cibuluh, Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan. Dalam bahasa Latin domba Garut disebut Ovis aries.

Ciri – Ciri Domba Garut

Beberapa orang mungkin masih bingung untuk membedakan domba Garut dengan domba lainnya. Dapat kita lihat beberapa ciri-ciri domba Garut yang membedakan dengan domba lainnya berikut ini:

  1. Berat badan domba jantan dapat hidup 60 – 80 kg, berat domba betina 30 – 40 kg
  2. Daun telinga relatif kecil dan kokoh, bentuk telinga rumpung sampai ngadaun hiris (4-8 cm).
  3. Berbulu lebih panjang dengan warna bulu beragam (putih, hitam dan coklat atau warna campuran).
  4. Domba betina tidak bertanduk, walaupun bertanduk ukurannya kecil sedangkan domba jantan bertanduk besar, kokoh kuat dan melingkar.
  5. Kepala pendek, dahi sedikit lebar, bentuk kepala cembung
  6. Ekor berbentuk segitiga terbalik dengan timbunan lemak pada pangkal ekor dan mengecil pada bagian bawah
  7. Berbadan besar, lebar serta kuat.
ciri-ciri domba

Keunggulan Domba Garut

Domba Garut memiliki postur tubuh yang besar dan tegap bila kita bandingkan dengan domba lainnya, penampilan tanduknya sangat beraneka ragam, cantik dan bisa dibentuk menurut selera tuannya. Dan yang terpenting tentu saja sifatnya yang “temperamental” khas domba laga. Domba Garut cukup tanggap terhadap manajemen pemeliharaan yang baik dibandingkan domba lokal dan bangsa domba lain yang ada di Indonesia.

Banyak keunggulan dari domba Garut, selain terkenal sebagai domba ketangkasan, domba Garut merupakan ternak eksotik. Penampilan fisiknya menawan berperawakan tinggi kekar, bulu dengan berbagai corak, tanduk yang khas memberikan kepuasan batin pemiliknya. Sehingga tidak aneh harga domba Garut jantan berkualitas bisa mencapai 10 juta, bahkan sampai ratusan juta.
Domba Garut merupakan domba tropis yang dapat beranak lebih dari dua ekor dalam satu siklus kelahiran. Ini sangat menguntungkan bagi peternak, karena dalam periode satu tahun, domba Garut dapat mengalami dua siklus kelahiran. Keunggulan lain dari domba Garut yaitu kualitas dagingnya ternyata memiliki nilai gizi yang cukup baik dibandingkan daging kambing.

Selain itu kulit domba Garut termasuk salah satu terbaik di dunia kualitasnya. Biasanya kulit domba Garut dijadikan bahan baku pembuatan jaket. Kotoran domba Garut pun memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk pertanian. Dengan cara digiling dan proses fermentasi, kotoran domba Garut menjadi pupuk organik untuk segala macam tanaman. Sehingga integrasi peternakan domba Garut dengan pertanian, dua hal yang sangat menguntungkan (simbiosis mutualisme).

kontes duel domba garut

Kelemahan Domba Garut

  1. Kerangka tubuh yang kecil sehingga bobot anakannya pun kecil.
  2. Produksi susu kecil.
  3. Jika sulit dijual (kurang terawat atau sakit) harga domba Garut nyaris sejajar dengan harga domba sayur. yaitu berkisar Rp 3 juta sampai 5 jutaan.

Tips Budidaya Domba Garut

Untuk memeihara domba Garut dengan baik, nah berikut ini ialah cara beternak yang bisa peternak lakukan.

A. Tahap Persiapan

Dalam teknik budidaya domba Garut tidak bisa dipungkiri bahwa peternak perlu menyiapkan kandang yang baik dan sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan domba tersebut. Kandang dibuat dengan kuat sehingga bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

kandang domba garut

Ukuran kandang juga harus disesuaikan dengan jumlah ternak yang dipelihara, kandang harus bersih mendapatkan sinar matahari pagi dan mempunyai sirkulasi udara yang cukup. Ada baiknya kandang dibuat lebih tinggi untuk menghindari kebanjiran.

Ada beberapa kandang yang harus dipersiapkan sesuai dengan fungsi kandang itu sendiri. Selain itu ada beberapa tipe dan model kandang yang bisa dipilih sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar.

B. Tahap Pembibitan

Tidak bisa dipungkiri bahwa cara budidaya domba Garut yang sempurna tidak akan menghasilkan domba dengan kualitas tinggi jika bibit domba tidka dipilih dengan seksama. Peternak harus memilih domba yang sehat dan bebas hama penyakit. Bibit domba tersebut ebrasal dari induk dengan kesuburan dan kelahiran yang tinggi.

Selain itu persentase karakas dan kecepatan pertumbuhan juga harus dipastikan baik. Oleh karena itu pembibitan harus diperhatikan secara seksama mulai dari pemilihan induk, proses perkawinan dan proses kelahiran.

C. Tahap Pemeliharaan

Beberapa peternak memilih untuk melakukan pembesaran domba Garut saja karena tidak mau pusing dengan proses pembibitan yang acap kali rumit untuk mendapatkan bibit yang benar-benar unggul.

Untuk itu teknik beternak domba Garut secara detail harus dilakukan termasuk hal-hal kecil tetapi penting seperti menjaga kebersihan kandang. Kandang dibersihkan satu kali dalam seminggu sementara tempat makan dan minum perlu dibersihkan setiap hari.

D. Perawatan Ternak Dewasa

Sebagai cara beternak domba Garut yang benar, ada beberapa teknik perawatan yang harus dilakukan pada domba dewasa. Domba perlu dimandikan secara rutin paling tidak satu minggu satu kali dengan menggunakan sikat dan sabun kemudian dikeringkan dibawah terik matahari pagi. Pencukuran bulu dilakukan paling tidak enam bulan sekali dengan sisa cukuran sepanjang 0.5cm. Kuku domba perlu pula dipotong minimal 4 bulan sekali.

E. Pakan Domba Garut

Untuk pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan domba perlu dilakukan seksama agar kebutuhan gizi termasuk vitamin, mineral, air, protein, lemak dan karbohidrat terpenuhi dengan sempurna.

Ada empat golongan pakan domba yakni rumput-rumputan (rumput gajah, rumput alam dan sebagainya), kacang-kacangan (daun lamtoro, daun kacang-kacangan dan lain-lain), hasil limbah pertanian (daun pisang, daun jagung, daung nangka dan sejenisnya) dan makanan penguat atau konsentrat (bekatul, ampas tahu dan lain-lain).

pakan domba

F. Kombinasi Pakan

Campuran pakan dari bahan-bahan tersebut harus disesuaikan dengan tingkatan umur domba. Ternak dewasa sebaiknya diberikan pakan rumput dan daun dengan perbandingan 3 : 1 sementara induk bunting memerlukan pakan rumput dan daun dengan perbandingan 3 : 2 ditambah 2 – 3 gelas konsentrat.
Induk menyusui perlu diberi pakan rumput dan daun dengan perbandingan 1 : 1 dengan tambahan 2 – 3 gelas konsentrat. Sementara itu anak yang belum sapih diberi pakan rumput dan daun 1 : 1 dan anak lepas sapih diberi pakan rumput dan daun 3 : 2 ditambah 0,5 – 1 gelas konsentrat.

Pengembangan penyediaan protein hewani yang berasal dari ternak pedaging perlu mendapat perhatian karena permintaan daging di dalam negeri sampai saat ini belum dapat dipenuhi. Peternakan domba sangat berpotensi untuk dikembangkan. Domba Garut sebagai salah satu pemasok daging domba di Inodonesia masih sangat berpotensi untuk dikembangkan. Selain daging yang dimanfaatkan, ketangkasan domba Garut dapat dijadikan sebagai daya tarik wisatawan sebagai salah satu kebanggaan nasional.

Sumber :

https://regional.kompas.com/read/2010/03/31/14053640/Bagaimana.Asal.Usul.Doma.Garut
Rismayanti, Y. 2010. Petunjuk Teknis Budidaya Ternak Domba. Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPPT) Jawa Barat. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian. Hal 7
Heriyadi, D.dan M. Rukmitasari, 2002. Sertifikasi Bibit Domba Garut. Laporan Penelitian. Kerjasama Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat dengan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Jawa Barat. Bandung
https://agromudaceria.wordpress.com/2018/03/04/ini-nih-keunggulan-domba-garut/
https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/inovasi-teknologi/5590-barbados-cross-dan-komposit-garut-domba-generasi-baru-dari-balitnak
https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01318297/agar-domba-garut-terjual-ratusan-juta-begini-caranya
https://tanipedia.co.id/cara-budidaya-domba-garut-bisnis-yang-menguntungkan/

Redaksi

By Redaksi

Sinauternak merupakan media online yang berusaha menyajikan artikel-artikel dunia peternakan yang berkualitas dan akurat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *