Mengenal Kelinci Rex : karakteristik dan cara perawatannya

By | 20 April 2020
mengenal kelinci rex

Halo sobat ternak, di artikel ini Tim redaksi sinauternak.com akan mengulas tentang salah satu ras kelinci populer yaitu Kelinci Rex. Simak ya…

fakta kelinci rex

# Sejarah Asal Usul Kelinci Rex

Tidak seperti banyak jenis kelinci lain, asal-usul Kelinci Rex pasti. Pada akhir dekade kedua abad ke-20 – 1919 tepatnya, lahirlah seekor anak dari kelinci abu-abu liar yang memiliki penampakan bulu mantel mewah seperti beludru. Selain itu kelinci ini memiliki bulu pelindung dua kali lebih tebal dari kelinci lainnya.

Sebuah program breeding dengan cepat dibentuk untuk ‘memperbaiki’ mutasi genetik ini dan mengembangkan garis kelinci yang memiliki mantel yang sangat lembut dan tebal ini.

Gen resesif yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan bulu luar yang tidak biasa menyebabkan bulu tumbuh ke luar daripada berbaring rata, sementara rambut pelindung luar sama panjang dengan lapisan bawah, menciptakan mantel bulu yang 2 kali lebih tebal daripada kelinci biasa.

ciri-ciri kelinci rex

Kelinci Rex pertama kali ditampilkan di depan umum di Paris pada tahun 1924 dan telah diakui sebagai trah standar sejak 1925 di banyak bagian Eropa. Breed ini masuk ke AS setelah Paris International Rabbit Show pada tahun 1924 dan dengan cepat memantapkan dirinya sebagai salah satu ras kelinci peliharaan yang paling populer.

Pada kelinci Rex, bulunya selalu tebal. Saat ini, Rex dipelihara sebagai hewan pendamping dan sebagai kelinci pertunjukkan. Kelinci Rex juga bisa dipelihara untuk diambil daging dan bulu.

# Karakteristik Kelinci Rex

Penampilan

  • Memiliki bobot 3,6-5 kg untuk kelinci yang berukuran standar. Sedangkan untuk kelinci yang berukuran mini memiliki bobot antara 1,4-2 kg.
  • Bulunya halus dan mirip dengan beludru sehingga sering disebut kelinci karpet dengan warna beludru kemerahan
  • Kelinci ini bulunya pendek
  • Telinga kelinci rex lebar dan tegak
  • Memiliki banyak variasi warna yaitu hitam, putih, biru, merah dan ada juga yang kombinasi 3 warna.

perawatan kelinci rex

Temperamen/Personality

Kelinci Rex umumnya kelinci yang patuh yang tidak keberatan diambil dan dibelai, terutama jika itu oleh pemiliknya yang sering membiarkan mereka keluar dari kandang untuk menjelajahi lingkungan mereka.

Seperti halnya hewan peliharaan, ia akan tumbuh melekat pada anggota keluarga yang menghabiskan waktu paling banyak dengan mereka dan memberi makan mereka yang paling sering, tetapi umumnya tidak akan takut pada siapa pun yang mengambilnya dengan perawatan dan memelihara mereka.

# Perawatan Kelinci Rex

Kelinci Rex adalah jenis jinak yang bisa dipelihara di dalam kandang yang agak luas. Makanan kelinci Rex harus terdiri dari hijauan, sayuran berdaun, dan buah.

Perkandangan

kelinci Rex sebaiknya dipelihara di dalam ruangan karena mengurangi risiko hipotermia, overheat(serangan panas), dan diserang oleh predator. Lebih jauh lagi, kelinci Rex berisiko jauh lebih tinggi untuk mati lebih awal jika dipelihara di luar, bukannya ditempatkan di dalam rumah.

Bahkan jika kelinci Rex Anda bertempat di dalam kandang yang aman di luar rumah Anda, ingatlah bahwa kelinci mudah ketakutan. Kelinci bisa mati ketakutan karena hanya melihat predator atau mendengar suara keras.

Menjaga kelinci Rex Anda di luar dapat membuatnya lebih antisosial. Misalnya, hewan peliharaan Anda mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda agresi atau takut pada orang.

ide kandang untuk kelinci rex

Persyaratan kandang.

Anda dapat menempatkan kelinci di kandang standar. Saat memilih kandang untuk kelinci Rex Anda, pertimbangkan hal berikut:

  • Ukuran kandang. Kandang harus memiliki panjang 150-200 cm dan lebar sekitar 60 cm. Kandang harus cukup tinggi agar kelinci Anda berdiri di atas kaki belakangnya, tanpa telinga menyentuh bagian atas.
  • Lantai Kandang. Kandang kawat bisa melukai kaki kelinci Anda. Kandang bawah dari logam padat jauh lebih baik. Jika Anda tidak dapat menemukannya, letakkan beberapa kayu lapis di lantai kandang sehingga seluruh lantai tertutup.
  • Sarang/tempat tidur kelinci. anda dapat mebuat sarang kelinci dengan menggunakan kotak yang diberi alas potongan jerami atau kardus yang dipotong-potong. jangan menggunakan serasah kayu atau serutan kayu untuk alas karena dapat mengganggu pernafasan kelinci rex.

Hiding Spot

Kandang kelinci sebaiknya diberi hiding spot supaya kelinci bisa sesekali bersembunyi. Kelinci mebutuhkan hiding spot supaya mendapatkan kenyamanan dan tempat persembunyian sebagaimana mereka berada di alam. anda dapat menggunakan kotak kayu yang diberi lubang atau pipa pvc yang berdiamater besar untuk ini.

anakan kelinci rex

 

#Pakan Dan Minum

Pakan kelinci Rex adalah 70% jerami berkualitas tinggi (seperti jerami kacang tanah atau rendeng) dan sisanya harus merupakan campuran sayuran hijau, sayuran, buah-buahan, dan pelet yang sehat. .

Biasakan untuk melakukan riset sebelum menawarkan kelinci Rex Anda dengan segala jenis makanan. Ada beberapa makanan yang aman dan beberapa makanan yang bisa membuat kelinci Anda sakit.

rendeng kacang tanah untuk pakan kelinci

rendeng kacang tanah untuk pakan kelinci

Penting juga bahwa kelinci Anda memiliki akses ke air bersih yang segar setiap saat, terutama selama hari-hari yang lebih hangat.

Menjaga kelinci Rex tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatannya. Selalu pastikan kelinci Anda memiliki akses ke air bersih dan segar.

Kelinci Rex menikmati minum dari piring keramik, tetapi ini bisa berujung, membuat berantakan dan mengurangi persediaan air kelinci Anda. Jika Anda akhirnya memilih hidangan, pastikan makanan itu berat sehingga tidak bisa terbalik. Piring juga harus sering diperiksa untuk memastikannya penuh dan bersih setiap saat.

baca juga : Pakan Kelinci dan Cara Pemberiannya

#Macam-macam Kelinci Rex

Ada dua tipe kelinci Rex: kelinci  Rex Standar dan kelinci Rex Mini.

1. Kelinci Rex Standar

Kelinci Rex Standar

Kelinci Rex standar adalah jenis yang lebih umum. Mereka sedikit lebih besar dari kelinci Mini Rex dan karena itu lebih mudah berkembang biak. Kelinci rex standar pada umumnya banyak digunakan untuk dikonsumsi dagingnya. Selain itu, kulit dari kelinci ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakaian. Banyak sekali orang yang membudidayakan karena dagingnya dan kulitnya yang menjadi bahan dasar pakaian. Tipe rex standar memiliki bobot 3,6-5 kg.

2. Kelinci Rex Mini

kelinci rex mini

Kelinci Mini Rex pada dasarnya adalah versi yang lebih kecil dari kelinci Standar Rex dan hadir dengan semua karakteristik menggemaskan dari versi Standar. Disebut kelinci rex mini karena kelinci jenis ini memiliki berat antara 1,4 hingga 2 kg.


Sumber :

Bagikan Informasi Ini

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *