Mengenal Kelinci Himalayan

By | Juni 6, 2020
mengenal kelinci himalayan

Halo sobat, di kesempatan ini redaksi sinauternak.com akan mengulas tentang salah satu breed kelinci terkenal yaitu Kelinci Himalayan. Simak Artikel ini ya…

Fakta Singkat Kelinci Himalayan

Asal Usul dan Sejarah Kelinci Himalayan

Kelinci Himalaya adalah salah satu ras kelinci tertua di dunia,  sehingga bagaimana catatan asal usulnya praktis telah hilang dari sejarah.

Beberapa Pakar mengatakan kelinci ini memang berasal dari suatu tempat di daerah pegunungan Himalaya, namun yang lain mengatakan bahwa kelinci ini juga terlihat di berbagai daerah lain di dunia.

Beberapa ahli berspekulasi bahwa himalayan berasal dari daerah timur jauh, meskipun  nama yang diberikan untuk kelinci ini adalah “himalayan”.

Kelinci himalayan pertama kali muncul di Amerika sekitar awal 1900-an dan merupakan salah satu ras paling awal yang diakui oleh American Breeder’s Association (ARBA).

Kelinci Himalaya memiliki sifat lembut dan tenang, menjadikannya hewan peliharaan yang sempurna untuk keluarga dengan anak kecil atau manula.

Profil Fisik Kelinci Himalayan

Jenis Himalayan adalah satu-satunya jenis kelinci yang diketahui memiliki bentuk tubuh silindris.

Saat melihat kelinci ini dari aerial point of view, sisi-sisinya harus lurus dari pundaknya ke kaki belakang dengan sedikit atau tanpa lancip.

Bahkan ketika kelinci-kelinci ini direntangkan sejauh yang mereka bisa, kaki mereka akan tetap rata di permukaan, yang membuat mereka benar-benar unik.

Berat badan kelinci himalayan asli sebenarnya 2,5 kg sampai 4,5 kg tetapi karena banyaknya peternak yang sering menyilang – nyilangkan kelinci himalayan ini maka kelinci himalayan ini menjadi hanya mempunyai 2 kg berat badannya yang menjadikan kelinci himalayan ini menjadi kelinci mini , tubuhnya sangat ramping dan jika kelinci ini sedang berbaring tubuhnya seperti tabung .

penampilan kelinci himalayan

penampilan kelinci himalayan

Mantel

Tubuh kelinci Himalaya selalu putih dengan tanda warna berbeda. Bulu kelinci Himalayan pendek, lembut dan tidak membutuhkan banyak perawatan untuk menjaga kemilau yang sehat.

Anda dapat membersikan kelinci himalayan dengan cukup sikat bulunya 2-3 kali per minggu atau sesuai kebutuhan.

Kalau tidak, menyikat setiap minggu dengan pembersihan-tempat menggunakan kain lembab seharusnya lebih dari cukup.

Warna

Tubuh kelinci Himalaya selalu putih dengan tanda warna berbeda. Tanda-tanda termasuk “sepatu” berwarna, tanda berbentuk telur di hidungnya dan ekor dan telinga berwarna.

Tanda bisa hitam, biru, coklat atau ungu. Warna ini disebabkan oleh enzim yang peka terhadap panas pada tubuh kelinci yang menciptakan melanin pigmen coklat. Enzim ini aktif pada bagian-bagian tubuh di mana kelinci Himalayan berubah warna, seperti telinga, hidung, kaki dan ekor.

Cara Merawat Kelinci Himalayan

Bayi kelinci Himalaya  sangat sensitif terhadap dingin, jadi pastikan untuk membawanya ke dalam ruangan jika cuaca sedikit dingin.

Jika kelinci Himalayan dewasa terkena suhu dingin, bulu putih mereka bisa menjadi gelap, tetapi jika tidak, mereka dapat mengatasi suhu dingin dengan baik selama suhu tidak turun di bawah titik beku.

Penutup luar kandang harus terbuat dari kawat atau kayu dan harus dinaikkan untuk melindungi kelinci Anda dari predator seperti musang atau karnivora lainnya.

kandang kelinci himalaya

kandang kelinci himalaya

Penutup dalam ruangan harus terbuat dari kawat dengan alas plastik sehingga alas tidur dapat diletakkan untuk kenyamanan.

Tempat tidur harus dibersihkan setiap hari untuk menghilangkan kotorannya, dan diganti sepenuhnya setiap minggu.

Beberapa pemilik hewan peliharaan memilih untuk membeli kandang kawat sepenuhnya, namun ini tidak nyaman untuk kaki kelinci Anda dan dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang.

Pastikan alas kandang cukup besar sehingga kelinci dapat nyaman dapat merentangkan ukuran penuhnya dan meskipun Himalaya relatif kecil, mereka panjang sehingga pastikan Anda memakai ukuran alas kandang yang benar.

baca juga : mengenal jenis-jenis kelinci

Pakan

Seperti kelinci lainnya, Himalaya akan mendapat manfaat dari pakan yang terdiri dari 70 persen hijauan berkualitas tinggi dan sisanya dari campuran buah-buahan, sayuran, sayuran hijau dan pelet yang sehat.

Ada banyak jenis pelet dan hijauan yang tersedia di pasaran, beberapa dengan kandungan protein lebih tinggi dari yang lain tergantung pada anggaran Anda.

Termasuk pakan kelinci hijauan di antaranya jerami kacang tanah, rumput lapangan, daun kacang panjang, daun lamtoro, daun duri, daun kembang sepatu, daun ubi jalar, daun pepaya, daun jakung, dan daun kacang tanah.

jerami kacang tanah sebagai pakan kelinci

jerami kacang tanah (rendeng) bisa dipakai sebagai pakan kelinci

Sisa-sisa atau limbah sayuran seperti wortel, selada, kangkung, kol, sawi, caisim, atau daun singkong juga termasuk dalam pakan jenis ini.

Cara pemberiannya yakni pakan hijau segar diberikan secukupnya setelah dilayukan.  Pelayuan ini dimaksudkan agar supaya kadar air dalam pakan hijau segar berkurang.

Jika hal ini tidak dilakukan, urine kelinci dapat berbau serta menyengat, menyebabkan mencret, perut kelinci gembung, gatal-gatal dan scabies, serta dapat mengakibatkan kematian pada kelinci budi daya karena keracunan.

Kesehatan

Kelinci Himalaya rata-rata Anda akan hidup selama sekitar empat hingga lima tahun. Himalaya tidak memiliki banyak masalah medis khusus untuk jenisnya.

Mereka rentan terhadap masalah umum yang ditemukan pada semua kelinci seperti gigi yang terlalu besar dan tungau telinga.

Mereka juga mengembangkan suatu kondisi yang disebut “flystrike” yaitu ketika lalat bersarang di daging mereka dan menetaskan telur.

Lalat yang sedang berkembang benar-benar dapat memakan kelinci hidup-hidup, yang bisa berakibat fatal bagi kelinci, dan juga cukup menyakitkan.

Reproduksi

Ketika kelinci bunting dikatakan “dalam keadaan baik.” Masa kebuntingan berlangsung 31 hari. Betina (betina) melahirkan bayi kelinci, yang benar-benar buta dan tidak berambut sampai mereka berusia 10 hari. Ukuran sampahnya adalah 6 atau 7 tetapi bisa mencapai 12 ekor. Kelinci muda disapih pada usia 4 minggu. Seekor kelinci betina dapat memiliki sebanyak 5 liter per tahun.

Temperamen Kelinci Himalayan

Himalaya adalah kelinci lembut yang enjoy kontak dengan manusia. Mereka dianggap sebagai salah satu kelinci terbaik untuk dimiliki sebagai hewan peliharaan karena sikapnya yang santai dan mudah bergaul dengan anak-anak.

Mereka adalah salah satu kelinci paling santai dan suka meringkuk dan memegang. Meskipun semua kelinci bisa menggigit, Himalaya dikenal jarang melakukannya.

Meskipun mereka manis dan penuh kasih, mereka juga cukup cerdas dan membutuhkan rangsangan mental untuk bahagia. Mereka juga perlu waktu keluar kandang untuk berkeliaran secara teratur.

 

Sumber referensi :

Tulisan Terkait

----------

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *