Budidaya Bebek Petelur Dengan Efektif

Mengenal Bebek Petelur

budidaya bebek petelur

Budidaya bebek tidak hanya dimanfaatkan dagingnya melainkan telurnya bisa dimanfaatkan. Bebek petelur adalah bebek yang menghasilkan telur dengan jumlah banyak. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia. Kandungan protein pada telur bebek jauh diatas telur ayam ras. Telur bebek tidak sepopuler telur ayam ras namun berpeluang besar untuk menjadi bisnis yang menjanjikan. Bebek petelur umumnya kebal terserang penyakit, karena memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Bebek petelur mempunyai dua jenis telur yang dihasilkan, yakni telur konsumsi dan telur tetas. Telur bebek kaya akan vitamin B12, kandungan selenium, zat besi, vitamin D, dan kolin, beda halnya dengan telur ayam yang berbanding terbalik. Keperluan yang harus disiapkan untuk budidaya bebek petelur dengan menyiapkan kandang, seleksi bibit, pakan, obat, dan sebagainya. Sebelum memulai bisnis budidaya bebek petelur. Lakukan pencatatan dan penganggaran keuangan supaya bisa memantau badget yang ada.

Pakan Bebek Petelur

budidaya bebek petelur

Dengan pemberian pakan terhadap bebek secara teratur merupakan langkah yang harus diperhatikan dalam budidaya bebek. Pemberian pakan sangat berpengaruh untuk  perkembangan bebek. Dengan memberikan pakan dalam porsi yang secukupnya adalah hal yang harus diperhatikan. Dosis pakan bebek petelur yang diberikan untuk bebek anakan dan bebek dewasa tentunya berbeda. Bebek yang sudah beranjak dewasa atau memasuki masa bertelur hendaknya membutuhkan pakan yang mengandung protein  kurang lebih sebanyak 18 persen, selain itu dengan memberi pakan dari berbagai bahan supaya sarat dengan kandungan gizi.

Jenis pakan untuk budidaya bebek ada dua, yaitu pakan alami dan konsentrat. Pakan alami bisa berupa keong, sedangkan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik. Pemberian pakan pada bebek petelur secara umum dibagi menjadi 3 fase, yaitu fase starter (1-4 minggu)  fase Grower (5-22 minggu), fase layer (22-144 minggu). Pemberian pakan pada bebek yang baru menetas hingga usia 21 hari, sebaiknya dngan menggunakan baki tampan. Sedangkan usia bebek yang sudah diatas 21 hari dengan pakan nya yang disebarkan dilantai. Pada masa grower dan masa layer bisa mencampuri pakan pabrik dengan konsetrat. Selain menyiapkan pakan, tentunya harus menyediakan minum untuk bebek. Dengan penggunaan nipel sebagai wadah minum bebek agar lebih efisien.

Kandang Bebek Petelur

budidaya bebek

Budidaya bebek akan lebih baik jika dimulai pada tempat yang terbuka atau lahan kosong. Sebaiknya kandang bebek harus jauh dari wilayah pemukiman warna, agar polusi bau dan kotoran bebek tidak mengganggu warga. Dalam pemeliharaan bebek petelur harus memerlukan kandang yang tepak untuk produktivitas telur. Ada beberapa macam jenis kandang, diantaranya kandang untuk bebek yang baru menetas biasanya terbuat dari jenis bahan seperti bambu, triplek, kayu, bahkan kardus. Kemudian ada kandang untuk bebek umur 4 minggu – 8 minggu biasanya berkisar 10 – 15 ekor per meter. Setelah bebek berusia lebih dari 8 minggu, dapat dipindahkan ke kandang pembesaran bebek hingga dewasa. Kandang bebek harus selalu dijaga kebersihannya karena bisa mempengaruhi produktifitas bebek.

Pemeliharaan Bebek Petelur

budidaya bebek

Bibit bebek yang baik adalah bibit yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, tubuh tegap,  memiliki warna bulu di punngung coklat, bulu yang bagus dan kering, kedua matanya bersih, bebek bergerak lincah, kaki kokoh, fisik tidak cacat, nafsu makan tinggi. DOD baiknya harus dilengkapi dengan pemanas atau bohlam sektar 15 watt agar masa pertumbuhan baik. Lahan yang baik untuk budidaya bebek petelur adalah lahan yang terbuka dan tertutup. Hal ini bertujuan jika bebek di kandang tertutup, bebek akan nyaman karena sebagai tempat istirahat dan bebek tidak kehujanan ketika hujan.

Kesehatan Bebek

Menjaga kesehatan bebek merupakan salah satu tahap awal dari keberhasilan budidaya bebek petelur yaitu dalam meningkatkan sanitasi kandang. Menjaga pemeliharaan kandang dengan sanitasi yang baik tentunya ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti  disinfektan yang disemprotkan ke kandang, mencuci tempat pakan dan minum sebelum dan sesudah pemakaian, membersihkan kotoran kandang kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu, membersihkan sisa pakan yang membusuk di lantai, mengecek kondisi kandang agar tetap terjaga dari bangkai. Meningkatkan kualitas pakan dengan memberi vitamin C sebagai pencegahan anti stres. Stres dapat timbul karena adanya pemicu dari luar, seperti  seperti perubahan cuaca, lingkungan kandang yang kurang baik, handling saat pemindahan, vaksinasi, dan sebagainya. Namun untuk DOD hanya membutuhkan vitamin elektrolit dan air gula merah untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Dalam ternak budidaya bebek petelur membutuhkan suplemen organik cair yang mengandung bakteri apatogen dan berfungsi bagi pertumbuhan. Suplemen ini bisa menurunkan kadar amonia sehingga kandang dan kotoran bebek tidak berbau.

Reproduksi Bebek Petelur

Proses reproduksi bebek petelur dengan persilangan bebek dilakukan pada bebek usia 32-60 minggu. Bebek jantan yang disilangkan harus relatif lebih tua. Selain persilangan dapat juga terjadi perkawinan semu, yang mana perkawinan dengan sesama bebek betina. Secara naluri ketika bebek betina sudah siap kawin, dan kurangnya bebek pejantan maka terjadilah perkawinan semu. Bebek akan bertelur pada usia 5-7 bulai. Pada 5-7 bulan pertama, dalam 100 ekor bebek mungkin bisa mendapat 30-50 butir telur.  Produktifitas telur akan semakin bertambah seiring usia bebek mulai lebih produktif. Secara umum ketika bebek berusia 6 bulan akan mulai memproduksi telurnya. Jika hanya ingin mendapatkan telur konsumsi maka jangan mencampurkan bebek jantan dan betina di satu kandang.

artikel ini ditulis oleh : Fitriyah Haura Kaltsum W Mahasiswi Polbagtan Bogor


Tulisan Terkait: