Mengenal Jenis Ayam Kalkun

Ayam kalkun merupakan hewan unggas yang memiliki fisik atau postur tubuh yang besar, bahkan rentang sayapnya saja bisa mencapai panjang 1,5-1,8 meter. Nah ciri khas inilah yang mempermudah kita untuk mengenali ayam kalkun. Kalkun adalah salah satu dari dua spesies unggas yang diklasifikasikan sebagai anggota keluarga Phasianidae atau Meleagrididae (ordo Galliformes). Ayam kalkun memiliki beragam jenis dan tentunya sesuai juga dengan perntukannya, yakni sebagai pedaging atau ayam hias. Namun masyarakat akrab beternak kalkun sebagai ayam pedaging. selain itu juga kalkun juga ada yang liar loh. Kalkun liar atau wild turkeys adalah kalkun yang habitat sehari-harinya dialam liar. Kalkun liar merupakan induk dari semua kalkun peliharaan / domestik. Sedangkan kalkun peliharaan atau pedaging merupakan kalkun yang dipelihara dan dikembangbiakan di penangkaran atau peternakan. Lantas bagaimana ya membedakan jenis kalkun sebagai pedaging dan kalkun liar? yuk kita simak pejelasan dibawah ini.

Perbedaan kalkun pedaging dan kalkun liar

Nah sebelum kita melangkah mengenai apa saja jenis ayam kalkun, perhatikan lebih dahulu, kalkun tersebut masuk kedalam kategori kalkun liar atau kalkun pedaging. nah berikut beberapa tips untuk dapat membedakan kalkun liar dan kalkun pedaging, diantaranya:

  1. Tidak seperti kalkun domestik, , kalkun liar bisa terbang. Walaupun bobotnya berat, mereka bisa terbang hingga ketinggian 40 – 50 meter namun, mereka hanya bisa terbang jarak pendek.
  2. Kalkun liar sangat lincah dan merupakan pelari yang handal. Konon, kecepatan larinya melebihi kecepatan kuda.
  3. Kalkun liar terkenal sangat agresif kepada hewan lainnya bahkan ke manusia.
  4. Kalkun liar tidak memiliki banyak varietas warna bulu.
  5. Dari segi fisik, kalkun liar lebih kuat dan lebih berotot.

Itu tadi merupakan pembeda secara general antara kalkun pedaging dan kalkun liar, lantas bagaimana ya dengan jenis-jenis kalkun nya ?

Jenis-jenis ayam kalkun

jenis ayam kalkun

Pada dasarnya jenis kalkun dibedakan hanya menurut warna saja karena, pada tiap kalkun tidak terlalu memiliki perbedaan signifikan baik itu dari segi postur, cara hidup maupun kebiasaannya. Ada banyak jenis warna kalkun yang tersebar di seluruh dunia. Jenis warna tertentu adalah ayam kalkun yang merupakan endemik asli dari sebuah negara. Berikut jenis ayam kalkun :

  1. Kalkun Bronze

Ayam kalkun bronze merupakan jenis kalkun yang paling banyak dan paling populer di Indonesia. Ciri khas warna bulunya yaitu hitam kecokelatan yang berpadu dengan warna putih, jenis kalkun ini memang banyak dibudidayakan. Selain harganya yang relatif murah. Cita rasa daging ayam kalkun bronze cukup nikmat yang menjadikan ayam kalkun ini sebagai jenis kalkun pedaging. Bronze turkeys ini merupakan jenis hasil persilangan antara kalkun domestik yang dibawa oleh penjajah Eropa ke Amerika dan kalkun liar timur yang mereka temukan pada saat kedatangan mereka. Kekuatan hibrida dari persilangan ini menghasilkan varietas kalkun yang lebih besar dan lebih kuat dari kalkun eropa, dan mereka juga lebih jinak daripada kalkun liar. Ada beberapa jenis bronze tergantung dari warna bulunya, berikut jenis kalkun bronze lainnya :

  • Black Wings Bronze

Jenis ini sekilas hampir tidak ada bedanya dengan jenis bronze utama. Yang membedakannya hanyalah pada bulu utama bagian sayap dimana, pada bronze utama bulu sayapnya bermotif warna hitam bergaris besar putih sementara pada jenis ini berwarna hitam polos.

  • Red Bronze

Pada dasarnya jenis ini sama dengan bronze utama, hanya saja yang membedakan adalah warna bulu nya yang kecoklatan

  • Tiger Bronze

Hampir memiliki kesamaan corak dengan jenis black wings bronze, namun perbedaannya terletak pada bagian corak dibagian bulu ekor. Kemungkinan besar jenis ini adalah jenis yang dihasilkan dari persilangan bronze utama dengan jenis pencilled palm.

  • Blue Red Bronze

Jenis ini memiliki warna bulu merah padat berpadu dengan warna abu-abu muda sebagai ujung pada bagian ekor. Mereka memilik perpaduan bulu yang sangat beragam.

  • Red Phoenix

Sama halnya dengan blue red bronze, salah satu keturunan bronze utama ini merupakan hasil dari cross breed. Namun, untuk jenis ini kemungkinan besar hasil dari peranakannya tidak akan sama dengan warna jenis induknya. Ini dikarenakan terlalu banyaknya persilangan yang terjadi hingga susah untuk mematenkan jenis warna nya.

  • White Holland

Kalkun White Holland adalah kalkun domestik yang sangat tua yang berasal dari Amerika Serikat. Jenis kalkun ini memiliki warna bulu putih diseluruh tubuhnya. Di wilayah Indonesia jenis Kalkun ini cukup populer dan cukup banyak  dipelihara oleh para penghobi ayam hias. Kalkun White Holland adalah kalkun cantik yang sering disamakan dengan Broad Breasted White. Tetapi kalkun Broad Breasted White berukuran lebih besar. Kalkun White Holland memiliki dada berukuran lebih kecil dan kaki yang relatif lebih panjang.

  1. Kalkun Palm

Pada jenis ini kalkun yang dihasilkan merupakan hasil dari persilangan antara beberapa jenis dan juga beberapa sudah terjadi pemurnian varietas warna. Adapun beberapa jenis yang masuk kedalam kalkun palm antara nya :

  • Golden Palm

Golden Palm adalah jenis kalkun yang memiliki banyak variasi warna pada bulunya. Perpaduan antara warna hitam, coklat dengan putih serta pada bagian ekornya yang terdapat warna bulu putih dengan strip hitam pada bagian atas ekornya. Pada kepala ayam kalkun golden palm berwarna kebiru-biruan, pialnya berwarna merah serta pada bagian kakinya yang berwarna putih ke abu-abuan. Dan kini populasi ayam kalkun golden palm banyak ditemukan dipasaran lokal Indonesia.

  • Royal Palm

Royal Palm memiliki daya tarik utama dari perpaduan bulu warnanya yang sangat klasik. Warna dasarnya putih berpadu dengan beberapa bulu hitam pada bagian punggung, dada serta pada bagian ekor. Kenapa jenis ini disebut klasik, karena warna pada bulunya hanya ada dua warna saja yaitu hitam dan putih. Royal palm ini pada awalnya memang jenis yang utamanya diperuntukan untuk kakun hias bukan untuk pedaging. Karakteristik kalkun ini juga dikenal sangat jinak sehingga sangat cocok untuk dipelihara sebagai kalkun hias.

  • Pencilled Palm

Berbeda dengan jenis kalkun Palm lainnya, jenis ini memiliki corak warna bulu yang sangat beragam. Klo di indonesia terkadang jenis ini disebut juga dengan julukan kalkun blirik. Ciri khas lainnya yang menonjol pada corak warna bulunya yaitu pada bulu bagian ekor.

  • Bourbon red

Bourbon red adalah jenis kalkun yang pertama kalinya di kembangbiakan di amerika serikat tepatnya di kota bourbon county, Kentucky. Di indonesia sendiri, jenis ini pernah menjadi primadona dan banyak diburu para penghobi.

  • Chocolate

Seperti namanya, jenis ini memang memiliki warna bulu utama berwarna coklat. Tidak terlalu banyak data yang tersedia untuk jenis ini namun, kemungkinan besar jenis kakun ini merupakan keturunan dari bronze utama, bourbon red dan black spanish.

  1. Kalkun Black

kalkun black merupakan ayam kalkun domestik hasil mutasi langsung dari induk / sesepuh ayam kalkun yaitu kalkun liar. Adapun beberapa jenis dari kalkun Black antara lain :

  • Black Spanish

Jenis Kalkun black Spanish adalah jenis kalkun termahal jika dibandingkan dengan jenis kalkun yang lainnya. Harganya reratif lebih mahal membuat kalkun jenis ini dibudidayakan hanya untuk dimanfaatkan keindahannya dan dijadikan sebagai ayam hias.

  • Blue slate

Jenis ayam kalkun adalah jenis kalkun baru yang ada di Indonesia pada tahun 2016, karena masih tergolong baru maka keberadaannya pun masih cukup langka.

Dan masih banyak lagi jenis kalkun serta keunikan dari warna bulunya. Beragamnya jenis kalkun ini mengundang pertanyaan, bagaimana ya cara perawatannya? Yuk simak tips perawatan kalkun di bawah ini :

Pakan ayam kalkun

Makanan ayam kalkun bisa berupa bekatul, konsentrat, tahu, dan sisa makanan sejenisnya. Untuk jenis anakan ayam kalkun akan lebih baik jika diberikan jenis pakan voer, karena pakan voer memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat berguna untuk membantu pertumbuhan bagi anakan ayam kalkun tersebut. Sesekali juga dapat diberikan pakan konsentrat yang dicampurkan dengan irisan sayuran karena kalkun merupakan jenis unggas yang sangat senang memakan sayuran. Kalkun juga merupakan hewan yang tidak memerlukan banyak air. Karena kalkun akan berkurang nafsu makannya dan mudah terserang penyakit apabila terlalu banyak dalam pemberian air.

Kandang ayam kalkun

Sistem kandang yang tepat bagi ayam kalkun adalah sistem kandang umbaran. Meskipun kandang umbaran, namun mereka juga akan membutuhkan kandang untuk melindungi diri dari panas, hujan maupun serangan dari predator. Dalam pemeliharaan ayam kalkun sangat disarankan tempat kandang yang mudah untuk mendapatkan makanan, tidak terlalu lembab, menghadap kearah timur agar pada saat pagi hari kandang ayam kalkun akan langsung tersinari oleh cahaya matahari.

Demikian penjelasan mengenai jenis ayam kalkun dan cara perawatannya, bagaimana menarik bukan? Bila anda memiliki keinginan untuk beternak ayam kalkun harus perhatikan beberapa poin ya, seperti pemilihan indukan, pakan yang tepat dan jens kandang yang sesuai.

 


Tinggalkan komentar