Cara Mudah Budidaya Ayam Kate

Siapa yang tak mengenal ayam katai (kate)? ayam yang memiliki tubuh yang mungil dan unik ini memiliki tempat tersendiri dimata masyarakat pecinta ayam. Untuk anda pecinta ayam, maka tak ada salahnya bila mencoba budidaya ayam kate. Ayam kate atau ayam katai atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Bantam chicken, pertama kali ditemukan oleh para pedagang Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan di pulau Jawa bernama Bantam, atau kita lebih mengenalnya sebagai Karesidenan Banten, atau sekarang Provinsi Banten. Dan tak jarang jenis ayam ini sering dijadikan sebagai salah satu ayam hias yang banyak dibudidayakan oleh para kolektor. Meskipun ayam ini tidak cocok jika dijadikan sebagai ayam petelur maupun ayam pedaging, namun jenis ayam ini cukup cocok jika digunakan sebagai ayam hias.

Ayam kate ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Penjualan satu pasang ayam serama/kate ini bisa di bandrol Rp,200.000 ribu rupiah di pasaran, sedangkan anak ayam kate yang berusia 1- 2 bulan di hargai Rp,30.000-50.000 ribu rupiah. jika sudah memasuki usia 2 – 4 bulan di bandrol Rp,50.000-Rp, 60.000 ribu rupiah. Nah selain memiliki nilai jual yang tinggi, anda juga mendapatkan keuntungan tersendiri dalam mebudidayakan ayam kate ini. Jika ayam jantan sudah memenangkan kontes lomba yang di liat dari warna,bentuk fisik yang tegak,dan mengeluarkan suara yang merdu dan panjang ayam-ayam yang seperti ini bisa di bandrol sampai jutaan rupiah lohh. Wah sangat menarik bukan? Lantas bagaimana ya cara budidaya ayam kate ini? Yuk simak ulasan lengkap tentang budidaya ayam kate dibawah ini.

Mengenal jenis ayam kate

budidaya ayam kate

Sebelum anda masuk ke tahap cara budidaya ayam kate, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis ayam kate. ayam kate ini memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki perawatan yang berbeda. Adapun jenisnya seperti :

  • American GamBantam

American Game Bantam ini adalah jenis ayam kate yang beraasal dari Negara Amerika. Ayam ini jarang dipelihara oleh masyarakat luas, karena ayam ini hanya dikhususkan untuk menjadi ayam petarung.

  • Belgian Bearded d’Anvers

Ayam jenis Belgian Bearded d’Anvers ini berasal dari Negara Belgian. Corak yang terdapat pada ayam jenis Belgian ini juga sangat bagus.

  • Ayam Kate Jambul Mekar

Sesuai dengan namanya, ayam ini memiliki jambul berbentuk mekar dan memiliki kaki yang sedikit lebih kecil dan tidak berbulu.

  • Barbu dee Grabbe

Barbu dee Grubbe adalah ayam kate yang tidak memiliki ekor,postur tubuhnya yang tegap membuat ayam kate ini menjadi lebih indah.

  • Ayam Kate Burma

Ayam Kate Burma atau bisa disebut Burmas Chicken termasuk ayam kate yang paling unik. Keunikan itu terdapat pada bulu kepala yang sangat lebat, sehingga mata ayam pun sampai tidak terlihat. Warna ayam kate ini didominasi oleh warna putih.

  • Ayam Kate Jepang

Memiliki bulu berwarna kuning keemasan, dengan tambahan putih pada bagian ekornya.  Jengger dan pialnya berukuran besar dan berwarna merah. Kakinya pendek berwarna kuning campur jingga.

  • Ayam Kate Pictave

Jenis ayam kate Pictave ini corak warnanya hampir sama dengan ayam jago  di Indonesia. Warna yang terdapat pada bulu ayam didominasi oleh warna merah, hitam putih dan keoren – orenan.

  • Ayam Kate Batik

Kate Batik ini bukan ayam yang bentuknya seperti batik ya sahabat pembaca. Ayam kate Batik ini memiliki corak warna yang hampir berbentuk dan berwarna seperti batik. Tepian bulu yang terdapat pada ayam ini layaknya seperti batik, berbetuk garis tepi warna hitam yang indah sehinggga banyak masyarakat menyebut ayam ini sebagai ayam batik.

  • Ayam Kate Berbulu

Jenis Ayam kate Berbulu ini termasuk jenis ayam kate yang banyak digemari oleh masyarakat. Bulu yang terdapat pada ayam ini sangat banyak dan terdapat pada kaki ayam ini.

  • Ayam Kate Serama

Jenis Ayam kate serama adalah ayam kate terkecil di dunia. Ayam kate ini banyak diminati oleh masyarakat luas dikarenakan mempunyai corak yang sangat khas sekali. Mulai dari corak bulu yang sangat menawan, postur tubuh yang tegak hampir 90 derajat. Dengan ciri khas ayam kate serama seperti ini siapa yang tidak terpikat hatinya untuk memiliki dan memelihara ayam kate serama. Masyarakat Indonesia pun banyak meminati jenis ayam ini.

Cara budidaya ayam kate

Pada dasarnya budidaya ayam kate bisa di kategorikan gampang-gampang susah. Karena nya untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka proses perawatan dalam budidaya juga harus sesuai, berikut cara budidaya ayam kate:

  1. Pemilihan indukan

Ya pemilihan indukan menjadi hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya ayam kate. Nah untuk anda yang akan memilih indukan ayam, berikut tips untuk anda

  • Saat memilih calon indukan jantan pilihlah ayam yang mempunyai gaya yang gagah seperti dada di moncongkan kedepan dan kepala tegak hampir menyentuh bulu ekornya.
  • Gerakan dan tingkah lakunya selalu aktiv, dan jengger pada kepala selalu berwarna merah cerah, seperti gambar di atas.
  • Mempunyai bulu badan yang mengkilat dan bersih. lihat juga bagian pantatnya kalo tidak meninggalkan kotoran di bulu pantat, itu pertanda ayam ini menunjukan bahwa pejantan sangat sehat dan siap untuk di pelihara
  1. Pakan Ayam Kate

Pakan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam budidaya ayam. Jenis pakan yang diberikan sama halnya dalam pemberian pakan pada jenis ayam lainnya. Hanya saja, untuk ayam kate porsinya lebih sedikit mengingat badannya yang kecil.

Ayam kate akan makan jika lapar, jadi Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak memberikan pakan pada ayam kate. Untuk mendapatkan ayam kate yang tetap sehat dan tampil cantik saat pentas maupun saat dipelihara sebagai hewan hias di rumah. Maka, kita para pemelihara harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh ayam kate tersebut. Makanan yang kita berikan ke ayam kate tersebut bukan sembarang makanan. Kita harus selalu meperhatikan jenis makanan dan bersih tidaknya makanan tersebut.

Agar ayam kate yang kita pelihara tidak mudah sakit dan terserang penyakit pemberian makanan sehat dan vitamin harus selalu diperhatikan. Untuk makanan yang baik adalah biji – bijian seperti biji jagung yang telah dihaluskas, beras merah dan pemberian voor yang telah dicampur nasi. Dengan memberikan vitamin/suplemen teratur ke ayam kate, maka kesehatan ayam kate pun akan selalu terjaga, dan ayam katepun terhindar dari segala virus yang menyerang. Jadwal dalam pemberian pakan ayam kate adalah pagi pukul:06:40 siang pukul:12:00 dan sore pukul 16:50. Untuk menambah kesehatan ayam-ayam agan. agan juga bisa menambahkan konsentrat  pemberian ini bisa di lakukan bisa tidak, akan lebih baiknya bila di kasih bahan konsentrat dengan cara di campurkan bersama bekatul, dan jangan lupa berikanlah tempat penampung air untuk minum ayam

  1. Pembentukan Kandang

kandang merupakan tempat tinggal nyaman yang mesti dibuat dengan baik dengan senyaman mungkin. Kandang yang baik akan membuat ayam kate menjadi lebih sehat dan terjaga dari serangan binatang buas. Jika lahan pekarngan samping rumah anda cukup luas, bisa di buatkan tembok keliling yang mengelilingi kandang, dengan menggunakan bahan bambu yang sebelumnya sudah di potong-potong. Dan di bagi menjadi empat bagian.

Hal ini bertujuan supaya ayam ayam tersebut tidak berpegian kemana-mana, dan untuk mengantisipasi saja supaya tidak ada yang jail,(maling tidak bisa masuk). Pembuatan kandang ayam sebenarnya sangat mudah, bahan yang harus di persiapkan hanya gergaji,paku,bambu,kaso/reng. Untuk pagar kandang bisa di buat dengan strimin.

Masa Panen

Hal yang paling di tunggu-tunggu dalam beternak ayam kate adalah pasca panen, panen ayam kete pada dasarnya sama saja dengan jenis ayam ayam yang lainya. Pada saat bibit ayam kate mengerami telurnya biasanya akan menetas kurang dari 1 bulan, yaitu antara 21-23 hari.

Panen sudah bisa di nikmati kalo anakan sudah berusia minimal 1 bulan, pemasaranpun tidak sulit bisa di jual di pasar-pasar tradisional, atau kalo budidaya ayam kate anda sudah mulai di kenal orang yang sesame meminati ayam ini. bisa di beli sama mereka bahkan kalo ayam ayam anda kualitasnya bagus bisa di bandrol mahal.

Nah demikian penjelasan mengenai cara budidaya ayam kate, poin utama dalam budidaya ayam kate ini adalah niat dan kesabaran. Karena ayam ini sangat memiliki nilai jual yang tinggi, maka bila anda merawat dengan tepat maka nilai jual ayam nya pun akan semakin tinggi. Jadi bagaimana, terarik untuk budidaya ayam kate?


Tinggalkan komentar