10 Masakan Olahan Daging Sapi Untuk Momen Idul Adha yang Lebih Mantap

By | Juni 6, 2020

Halo Sobat, Kali ini Sinauternak akan membahas yang agak ringan-ringan saja yaitu referensi kuliner 10 masakan olahan daging sapi untuk momen idul adha yang lebih mantap. simak berikut ini ya.

Stok daging kurban di kulkas setelah Idul Adha pasti akan berlimpah dan tidak akan habis dalam satu hari, sehingga tidak jarang banyak orang ingin supaya daging kurban nya diolah atau dimasak menjadi beberapa macam jenis masakan agar awet dan tidak bosan. Tak usah bingung, coba bikin hidangan praktis dan aneka olahan yang tetap enak dan menggoda. Mulai tumis daging sapi hingga sate bisa jadi hidangan spesial. Berikut ini 10 olahan daging sapi super praktis.

1. Sate Sapi

sate sapi untuk idul adha

Sate merupakan makanan yang juga sudah terkenal sampai mancanegara. Banyak warga asing yang menyukai sate, karena memiliki rasa yang enak dan lezat. Serta dari cara penyajian sate ini yang berbeda dari makanan lainnya. Sate sendiri memiliki citarasa yang sedap dan gurih.

Sate biasanya dibuat dari daging kambing, namun sate sendiri memiliki variasi lainnya yaitu sate sapi dan ayam. Olahan yang biasa dipadukan dengan ketupat atau lontong dan nasi putih hangat. Kamu bisa mengolah daging sapi kurban menjadi sate. Tentu saja dengan teknik pengolahan yang tepat supaya tekstur dagingnya bisa empuk dan bumbunya kerasa ya. Perihal bumbunya, bisa kacang ataupun sambal kecap saja.

2. Semur Sapi

Semur Sapi untuk idul adha

Bagi penyuka hidangan manis-gurih, semur bisa jadi pilihan olahan daging sapi yang sangat tepat. Diolah dengan kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh, sehingga kuahnya berwarna coklat pekat, semur menjadi salah satu aneka olahan daging sapi berkuah khas Indonesia.

Dimasak secara perlahan dalam rebusan bumbu, semur menghasilkan masakan daging sapi yang lembut dan sedap. Supaya semur makin enak, kamu bisa menambahkan irisan kentang. Kuah kentalnya yang manis ini enak dipadukan dengan ketupat. Buat kamu yang suka pedas, bisa tambahkan sambal.

3. Rendang Sapi

rendang sapi Masakan Olahan Daging Sapi Untuk Momen Idul Adha

Olahan daging sapi, rendang, mainstream tapi masih banyak diolah karena rasanya yang begitu nikmat. Siapa yang tak suka rendang?

Masakan daging sapi khas Indonesia ini sudah diakui secara internasional sebagai salah satu masakan terlezat di dunia loh! Olahan daging sapi bercita rasa pedas ini berasal dari Sumatra Barat, yang dimasak menggunakan santan kelapa serta kaya akan rempah-rempah. Rendang daging sapi termasuk hidangan yang tahan lama.

4. Bakso

bakso sapi

Bakso atau baso adalah makanan berupa bola daging. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tetapi ada juga yang terbuat dari daging ayam atau ikan. Untuk jenis bakso daging sapi, ayam, dan ikan sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk frozen yang dijual di minimarket, supermarket, swalayan dan mall. Dalam penyajiannya biasa dsajikan dengan kuah kaldu, mi dan pangsit.

Bakso sendiri dibuat dengan cara membentuk bola-bola daging yang sudah digiling dan ditambahkan bumbu serta tepung. Kemudian bakso direbus dua tahap. Tahap pertama bakso dipanaskan dalam panci air hangat hingga mengeras. Tahap kedua bakso direbus hingga matang dalam air yang mendidih. Jika Anda jago buat bakso, bisa jadikan olahan satu ini sebagai menu andalan di rumah Anda.

5. Tongseng Sapi

tongseng sapi Masakan Olahan Daging Sapi Untuk Momen Idul Adha

Tongseng adalah salah satu masakan yang cukup populer di Indonesia. Masakan ini terkenal dengan ciri khas kuahnya yang kental dan lezat. Tongseng biasanya dimasak dengan menggunakan berbagai olahan daging. Kebanyakan terbuat dari kambing, namun memanfaatkan daging sapi juga bisa lho.

Tongseng ini juga enak saat dipadukan dengan irisan ketupat. Nikmat dan bikin kenyang dalam waktu bersamaan. Buat kamu yang suka pedas, bisa ditambahkan banyak lada dan cabai. Tapi buat kamu yang tak terlalu suka pedas bisa dikondisikan sesuai selera masing-masing.

6. Sop Sapi

sop daging sapi Masakan Olahan Daging Sapi Untuk Momen Idul Adha

Seluruh bagian daging sapi bisa diolah menjadi masakan, bahkan buntutnya. Buntut sapi dimasak menjadi sop buntut, hidangan hangat, kaya cita rasa yang pasti akan membuat keluarga ketagihan. Sajian ini punya rasa segar dan gurih yang kuat dari perpaduan rempah dan kuah kaldu sapinya. Variasi lainnya adalah sop iga, dengan kombinasi daging yang lebih besar.

Daging iga yang empuk juga menambah kelezatan sop iga. Selain itu, sop iga yang hangat diyakini bisa menjaga kebugaran tubuh. Jadi cocok untuk penyegar badan. Dimakan bersama nasi hangat, nikmatnya tak tertandingi.

7. Krengsengan Sapi

Krengsengan Daging Sapi

Krengsengan sapi merupakan hidangan yang mudah dijumpai di Jawa Timur dan sebagian wilayah Jawa Tengah. Ciri khas krengsengan sapi terletak pada penambahan petis sebagai bumbu utamanya. Tambahan petis menghasilkan cita rasa yang kaya, yaitu perpaduan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas.

Hidangan lezat ini terbuat dari potongan kecil daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan pala. Biasanya, krengsengan juga dibuat dengan bahan baku jeroan kambing. Namun, tak jarang pula yang menjual dan menyajikan krengsengan dengan daging sapi atau ayam sebagai bahan utamanya.

Sepintas, krengsengan mirip dengan semur. Keduanya memang sama-sama menggunakan kecap sebagai bumbu tambahan. Bedanya, kuah yang digunakan untuk memasak krengsengan jauh lebih sedikit sehingga menghasilkan warna coklat tua. Perpaduan lembutnya daging dengan pedas dan manisnya kuah sangat cocok disantap dengan nasi hangat yang masih mengepul. Sedap!

8. Dendeng Sapi

dendeng sapi

Dendeng merupakan salah satu olahan daging sapi yang awet, sehingga bisa disimpan dalam waktu lama. Daging sapi yang diiris-iris tipis lalu dikeringkan ini memiliki rasa yang berbeda dari olahan daging sapi lainnya. Daging yang kering dan renyah, ditambah dengan rasa manis. Sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

Variasi lainnya adalah dendeng balado. Masakan khas Sumatera Barat ini terbuat dari irisan tipis daging sapi berbumbu yang digoreng hingga kering. Setelah itu irisan daging disiram dengan bumbu balado yang terdiri dari cabai merah, bawang, dan tomat giling. Gurih dan pedasnya dendeng balado sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Dendeng ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka hidangan bercita rasa pedas.

9. Empal Gentong

empal gentong enak Masakan Olahan Daging Sapi Untuk Momen Idul Adha

Empal gentong merupakan olahan daging berkuah dari Cirebon yang terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi sekilas empal gentong punya tampilan mirip gulai, lengkap dengan kuahnya yang kuning kental.

Daging yang lembut karena dimasak dalam waktu lama, ditambah kuahnya yang gurih membuat cita rasa empal gentong semakin menggugah selera. Dalam penyajiannya, empal gentong disajikan dengan sambal kucai dan sambal cabai kering giling.

10. Terik Sapi

Terik daging sapi

Terik daging merupakan salah satu masakan nusantara yang berasalah dari jawa tengah. Masakan ini hampir mirip dengan opor, tapi kalau opor masih menyisakan kuah yang banyak dan tidak terlalu encer, sedangkan terik menyisakan kuah sedikit dan kuahnya kental.

Citarasa dari masakan ini gurih dan manis yang dihasilkan oleh bumbu-bumbu yang khas. Bumbunya meresap sehingga membuat rasanya gurih sampai ke serat daging. Terik daging ini bisa disantap hanya dengan nasi hangat. Atau dipadu dengan sajian sayur santan gurih.

Tulisan Terkait

----------

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *