Budidaya Ternak Bebek Peking Pedaging

beternak bebek peking

Bebek peking adalah bebek pedaging yang berasal dari negeri Cina, karena warna bebek peking didominasi putih, postur tubuhnya yang besar menjadi daya tarik masyarakat untuk memeliharanya, bebek peking pada umur dua bulan sudah bisa mencapai 3-3,5 kg/ekor, bebek peking mempunyai beberapa keunggulan diantaranya, tahan terhadap segala cuaca, kurang membutuhkan air dibandingkan jenis bebek lainnya, mempunyai pertumbuhan yang relatif cepat, mempunyai tubuh yang lebih seragam, warna karkas kuning, dagingnya tidak alot, dan mudah diolah. Harga jual stabil, bebek peking mempunyai bulu berwarna putih dan memiliki postur tubuh yang besar. Berikut cara ternak bebek peking.

Persiapan Kandang

Cara ternak bebek cukup sederhana dan hampir sama dengan jenis lainnya, bentuk kandang yang ideal untuk bebek peking adalah kandang kering postal, karena bebek peking tidak begitu membutuhkan air kecuali untuk minum, maka kandang yang cocok untuk bebek peking yaitu jenis kandang postal. Kandang bebek peking di bagi menjadi 2 yaitu kandang box untuk pemeliharaan DOD hingga umur 3 minggu, yang ke dua yaitu kandang pembesaran, yaitu untuk bebek dari umur 3 minggu sampai usia 40-45 hari dipanen, kandang ini dapat berbentuk kandang postail. Kapasitas kandang per satu meter bisa mencakup 12 ekor bebek.

Pakan

Pakan untuk bebek peking hampir sama seperti pakan untuk bebek lokal pedaging lainnya, bebek pedaging memerlukan pakan konsentrat atau pur khusus untuk pedaging.

Bibit Bebek peking pedaging

Dalam pemeliharaan bebek peking yang baik dan bermutu sangat menentukan keberhasilan peternak, cara mengenali dan memilih DOD bebek peking yang baik antara lain:

  • Tubuh bebek terlihat tegap
  • Napsu makan bagus
  • Bebek banyak beraktivitas dan bergerak lincah
  • Berat bebek sekitar 40 g
  • Kaki bebek kokoh dan tidak pincang
  • Mata jernih sehat dan tidak buta
  • Mempunyai bulu yang bersih kering dan bagus
  • Bebas dari berbagai penyakit
BACA JUGA  Budidaya Ayam Pelung

Pemberian pakan

Bebek peking tumbuh dengan cepat, anda bisa melakukan panen sekitar 40 hari jika gizinya cukup dan kondisi lingkungan jauh dari faktor penyebab stres. Nantinya anda wajib memberikan pakan dengan jadwal yang terprogram dan jangan sampai lalai, pakan untuk tahap awal yaitu konsentrat untuk umur dibawah 3 minggu, ketika usianya sudah mencapai 21 hari sampai panen kita bisa mencampurkan konsentrat dengan pakan tambahan lainnya yang banya terdapat di daerah tempat tinggal anda.

Lampu Penghangat

Syarat ternak bebek peking cepat besar dilakukan pula dengan cara memberi penghangat untuk bebek peking di bawah 3 minggu, hal ini berfungsi sebagai pengganti indukan dimana bebek peking yang kecil membutuhkan penghangat untuk kesehatan tubuhnya, berikan dua buah lampu penghangat dengan 40 w pada malam hari atau bisa menyesuaikan dengan kondisi sekitar.

Kebutuhan Air Minum

Bebek peking membutuhkan minum dalam jumlah yang banyak selalu sediakan air munim sebanyak 1 liter yang telah di campur probiotik serta vitamin didalamnya. Setiap hari diisi ulang ketika air habis dan jangan lupa gunakan air yang bersih dan bebes dari pencemaran.

Kebersihan Kandang

Bersihkan kandang setidaknya 1 kali sekali, bersihkan kandang dari debu dan bersihkan bulu bebek yang berjatuhan agar tidak diserap kembali oleh bebek peking tersebut dan untuk mencegah tarjadinya flu.

Bagikan :

Tulisan Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *