Mengenal Ayam Kampung Super

Mengenal Ayam Kampung Super

Ayam kampung Super atau kadang disebut ayam jowo super atau joper adalah ayam kampung yang berasal dari hasil persilangan antara ayam petelur dan ayam kampung. Inovasi ayam kampung super ini disebabkan karena banyaknya para peternak yang mengeluh karena lamanya dari budidaya ayam kampung. Dengan penemuan ayam ini, dapat memberi jawaban bagi para peternak. Jenis ayam kampung super dapat dipanen hasilnya dengan kurun waktu 45-60 hari.

Ayam kampung super saat ini relatif banyak dikembangkan oleh para peternak karena masa pemeliharaan yang singkat. Selain itu resiko kematian kecil, dan cita rasa dagingnya hampir sama dengan ayam kampung yang banyak disukai masyarakat. Konsumsi daging olahan ayam kampung super terus meningkat meskipun harganya relatif lebih mahal dibandingkan produk daging olahan ayam broiler. Peternak banyak yang melihat bahwa ini merupakan suatu peluang usaha yang prospek untuk dikembangkan.

Asal Muasal Ayam Kampung Super

Permintaan pasar akan ayam kampung yang tinggi ini tidak diimbangi dengan ketersediaan ayam karena produksi dan produktivitas ayam kampung yang relatif lambat dan pola pemeliharan yang masih tradisional. Berlatar belakang hal tersebut, peternak melakukan cross breeding antara ayam kampung jantan dan ayam petelur (ras) betina. Dari perkawinan tersebut dihasilkan ayam F1 persilangan yang disebut ayam kampung super.

Ayam petelur digunakan sebagai induk betina pada proses persilangan ini dikarenakan dapat menghasilkan produksi telur yang lebih banyak dari pada ayam kampung. Sedangkan Ayam kampung biasa dijadikan sebagai pejantan agar anakannya nanti memiliki sifat ayam kampung. Dengan demikian, produksi DOC ayam kampung super ini dapat dilakukan secara massal dalam waktu lebih singkat.

sejarah ayam kampung super

DOC ayam kampung super dihasilkan menggunakan penetasan artificial (buatan). Telur ayam petelur betina yang sudah dikawinkan dengan pejantan kampung dikumpulkan selama periode tertentu dan ditetaskan menggunakan mesin tetas selama 21 hari. Penggunaan mesin tetas dikarenakan lebih efektif dan pengaturan produksi doc lebih tertata waktunya. Selain itu, ayam petelur betina juga sudah tidak memiliki sifat mengeram sehingga telur harus ditetaskan dengan menggunakan metode lain.

Karakteristik Ayam Kampung Super

Sebenarnya tampilan ayam kampung super hampir mirip seperti ayam kampung pada umumnya. Cuma yang membedakannya seperti yang tertulis dibawah ini :

  1. Ukuran ayam kampung jantan lebih besar dari betina.Selain itu ayam jantan super memiliki jengger yang besar dengan pial besar dan tegap, memiliki jalu dan warna bulu bervariasi.
  2. Ayam kampung super betina bentuknya sama seperti ayam kampung betina pada umumnya. Perbedaannya ada warna telur, warna telur kampung super memilki kerabang yang lebih coklat dibandingkan dengan telur ayam kampung biasa yang agak putih. Namun bentuknya tetap sama seperti layaknya telur ayam kampung biasa.
  3. Ayam kampung super masa panen lebih cepat. Dalam 2 bulan bobot bisa mencapai 1,1/5 kg jika perawatannya bagus. Umur 44-74 hari sudah siap dikonsumsi.Hal ini jauh berbeda dengan ayam kampung pada umumnya, baru bisa dipanen jika sudah berumur 3-6 bulan

Sedangkan perilaku ayam joper juga hampir mirip dengan ayam kampung pada umumnya yaitu tahan penyakit, suka bertengger,suka berkokok. Pada umur 6 bulan sampai 1,5 tahun produktifitasnya bisa mencapai 80 % perhari dari jumlah total ayam betina. Setelah umur 1,5 sampai 2 tahun menurun kurang lebih 40%. Uniknya ayam kampung super mempunyai kemampuan untuk bertelur terus menerus seperti ayam ras, namun tidak memilki sifat mengeram.

Peluang Bisnis Ayam Kampung Super

Ayam kampung super memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Berternak ayam kampung super mempunyai prospek lebih unggul dan lebih menjanjikan bila dibandingkan dengan berternak jenis hewan unggas lainnya.Pendapat bahwa berternak ayam kampung super lebih baik dari unggas lainnya dikarenakan terdapat banyak kelebihan serta keunggulan dari ayam kampung super ini bila dibandingkan dengan jenis unggas lainnya.

aa

Oleh alasannya itulah ayam kampung super mempunyai beberapa keunggulan yang tidak sanggup Anda temui apabila Anda berternak jenis unggas lainnya,sehingga bila dilihat dari prospeknya, prospek berternak ayam kampung sangat menjanjikan.Berikut ialah beberapa keunggulan mengapa Anda harus berternak ayam kampung super, di antaranya adalah:
  • Memiliki fisik dan corak bulu atau warna bulu menyerupai ayam kampung pada umumnya yang sering kita lihat.Jadi,dari sisi penampilan atau bentuk rupa badan ayam kampung ini sudah umum dimata masyarakat.
  • Masa panen ayam kampung yang relatif lebih singkat.Sehingga meningkatkan laba serta pendapatan yang lebih signifikan.
  • Harga jual yang lebih tinggi dan stabil. Kita tahu bahwa ayam kampung masih menjadi primadona bila dibandingkan dengan unggas lainnya.
  • Selalu menjadi sajian utama. Restoran, penjual pecel ayam,serta rumah makan,baik rumah makan padang maupun rumah makan warteg, menu utamanya pastilah daging ayam.Dan daging ayam jenis ayam kampung merupakan incaran konsumen.
  • Pemeliharaanya gampang alasannya mempunyai daya tahan badan yang tinggi. Ayam kampung super lebih kebal penyakit bila dibandingkan dengan ayam broiler atau ayam negeri.Ayam kampung super membutuhkan sedikit suplement atau vitamin, sedangkan ayam broiler membutuhkan banyak vitamin untuk sanggup cepat panen. Jadi berternak ayam kampung sanggup menghasilkan kualitas daging yang menyehatkan serta tidak perlu banyak keluar modal untuk membeli aneka macam vitamin menyerupai halnya bila Anda berternak ayam broiler atau jenis unggas lainnya.
Point-point penting yang harus Anda perhatikan sebelum membuka perjuangan peternakan Ayam kampung super.
  • Pilihlah lokasi peternakan yang agak jauh dari rumah tetangga,hal ini untuk mengantisipasi bila ada tetangga yang komplain alasannya mencium bacin atau mendengar bunyi berisik ayam.
  • Sebelum masa panen tiba,sebaiknya Anda menyidik harga pasaran ayam kampung super yang berlaku pada ketika itu. Seperti pada produk-produk lainnya”harga sewaktu-waktu sanggup berubah”.

Kontroversi Ayam Kampung Super

Sebagian besar masyarakat masih keliru karena menganggap bahwa Ayam Kampung Super adalah ayam kampung. Padahal nyatanya tidak. Ayam kampung super adalah hasil persilangan antara ayam jawa atau ayam kampung dengan betina ayam petelur. Ada juga yang menyilangkan antara ayam jantan Bangkok Vietnam yang memiliki genetik besar dan tinggi dengan betina petelur.  Dari runtutan asalnya tersebut sudah jelas bahwa Ayam kampung Super bukan ayam kampung.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah No 48 Tahun 2011 pasal 44, Para peternak atau perusahaan peternakan yang melakukan usaha pembibitan ternak wajib memiliki ijin usaha pembibitan dari pemerintah daerah kabupaten/kota. Hal ini juga berlaku bagi para peternak yang melakukan pembibitan ayam kampung super. Selain itu, bibit yang diedarkan pun wajib memiliki sertifikat layak benih atau memuat keterangan silsilah dan ciri-ciri keunggulannya termasuk ayam kampung super bukan ayam kampung tersebut.

Masyarakat, baik konsumen maupun peternak juga harus memahami bahwa ayam kampung super bukanlah ayam kampung dan sebaiknya tidak menyebut ayam kampung super sebagai ayam kampung super. Akan lebih baik, apabila hasil penyilangan ayam jawa dan ayam ras petelur tersebut didaftarkan dan dilakukan penelitian yang seksama sesuai dengan mematuhi peraturan. Sehingga ayam ayam kampung super bisa menjadi salah satu ayam introduksi hasil penyilangan yang legal dan diakui keunggulannya sebagai jenis ayam berkualitas karya Indonesia.

Jika hal ini tidak dilakukan terhadap ayam kampung super bukan ayam kampung tersebut, maka pemerintah maupun masyarakat luas akan mengalami kesulitan. Peraturan tersebut misalnya pertama untuk melindungi jenis ayam kampung asli dan ayam jawa asli yang secara genetic akan semakin langka. Kedua, untuk menanggulangi ancaman penyakit yang mungkin timbul akibat penyilangan jenis ayam. Ketiga, adanya resiko-resiko lain menyangkut hak kekayaan intelektual terhadap jenis hewan hasil pemuliaan.

Untuk kebaikan bersama, baik konsumen, peternak, pembibit, maupun pemerintah, pengaturan terhadap usaha-usaha pembibitan dan pengedaran ternak termasuk ayam kampung super bukan ayam kampung harus dilakukan. Dengan demikian, keamanan dan jaminan berusaha, keamanan dan perlindungan konsumen bisa diusahakan dan dioptimalkan. Pada akhirnya, baik peternak, pemerintah maupun konsumen akan mendapatkan manfaat bersama.

 

Redaksi

Sinauternak merupakan media nirlaba yang berusaha menyajikan artikel-artikel dunia peternakan yang berkualitas dan akurat. 

Tinggalkan Balasan