Gambar 2: Rancangan kandang bebek

Kiat Ternak Unggas Bebek Pedaging

Pasti banyak dari kalian yang sudah mengenal apa itu hewan bebek? Tapi banyak juga dari kalian yang masih bingung bagaimana si cara memelihara bebek? Ternak unggas bebek pedaging setiap tahun nya semakin banyak diincar masyarakat Indonesia karena berpotensi memberikan keuntungan yang menggiurkan. Nah, disini ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam memelihara bebek.

Bebek pedaging merupakan hewan yang mampu tumbuh cepat dan efisien dalam mengubah pakan menjadi daging yang bernilai gizi tinggi. Dalam bebek pedaging memiliki struktur perdagingan yang baik mulai dari diminati oleh masyarakat, karena rasa dagingnya gurih dan enak. Bebek hibrida dan bebek peking merupakan jenis bebek pedaging yang sudah terkenal dan banyak dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Bebek hibrida merupakan persilangan antara bebek pejantan peking dengan bebek betina Mojosari.

ternak unggas
Gambar 1.  Bebek hibrida

Mengapa dalam pembahasan ini saya mengambil pembahasan bebek? Karena, dalam memelihara bebek pun banyak sekali kelebihan yang bisa kita peroleh, yaitu mulai dari tahapan yang mudah dibandingkan budidaya bebek petelur, masa pertumbuhan bebek pedaging yang lebih cepat, yakni hanya 40 hari, dalam pemasarannyapun bebek pedaging lebih mudah juga dilakukan karena peminatan yang selalu ada, serta bagian lain dari itik pedaging bisa dijual.

Cara Ternak Unggas Bebek Pedaging

Untuk proses awal dalam budidaya bebek pedaging adalah dengan memilih cara budidaya yang tepat. Dengan cara yang tepat pastinya akan menghasilkan bibit bebek yang baik. Usaha ternak unggas bebek masih terbuka lebar karena suplai daging bebek yang tersedia masih belum bisa memenuhi tinggi nya peminat/permintaan para masyarakat. Cara ternak unggas bebek bisa di bilang cukup mudah untuk dilakukan bagi pemula, tetapi diperlukan ketelatenan dan perawatan yang intensif agar bebek bisa di panen dalam kondisi sehat dan memiliki nilai daging yang berkualitas.

Tahapan Berternak Bebek Pedaging

  1. Pembuatan Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal serta tempat beraktivitas bebek setiap hari, maka dari itu kita harus merancang kandang dengan baik agar kondusif bagi pertumbuhan bebek.

ternak unggas
Gambar 2: Rancangan kandang bebek

Untuk ukuran kandang sendiri bisa kita sesuaikan dengan jumlah bebek yang akan kita pelihara. Jangan sampai jumlah bebek yang di pelihara lebih tinggi dari kapasitas tempat yang telah kita siapkan. Kandang juga sebaiknya dibuat ditempat yang terkena paparan sinar matahari yang cukup.

Kandang menjadi tahap pertama dalam memelihara bebek sebelum membeli DOD. Suhu yang tepat sangat diperlukan yaitu sekitar 39 derajat celcius dan kelembabannya sekitar 60-65%. Jangan lupa siapkan penerangan yang memadai, serta jauh dari ancaman predator seperti ular. Serta atur telak tempat makan dan minum dengan baik agar tidak ada bebek yang kekurangan dalam pakannya.

  1. Membeli bibit DOD

Bibit merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam beternak bebek. Ciri-ciri bibit bebek yang sehat yaitu: bergerak aktif dan lincah, memiliki kaki yang koko dan tidak pincang, memiliki usia 4 hari, bulunya bersih dan kering, memiliki berat minimal 40 gram, tidak berpenyakit,napsu makan yang tinggi, memiliki postur tubuh yang tegap dan bermata jernih.

ternak unggas
Gambar 3: Bibit DOD

Pembelian bibit untuk pemula biasanya sekitar 100 ekor. Dalam membeli bibit DOD tidak semuanya kita mendaoatkan bibik yang baik. Terkadang ada beberapa di antaranya yang cacat, maka dari itu kita harus memisahkannya dari DOD yang berkualitas. DOD yang cacat secara fisik masih bis akita pelihara, namun harus dibedakan kandangnya dengan yang tidak cacat.

  1. Memberi Pakan dan Memindahkan Kandang

Saat DOD muali tinggal di kandang, berikan minuman berupa larutan gula merah selama satu jam. Seteah itu, ganti minuman dengan air putih yang dicampurkan vitamin untuk meransang nafsu makan bibit. Satu jam kemudian, mulailah memberikan makan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan bebek.

Dalam perkembangan pertumbuhan bebek pedaging sangat tergantung dengan pemberian makananan dari kita. Saat bebek berumur 1-14 hari cukup berikan pakan yang dicampur dengan sedikit air sebanyak 5 kali sehari.

Pada umur bebek dua minggu pertama, kita harus menambahkan kebutuhan gizi yang baik untuk bebek. Karena, pada masa ini adalah masa pertumbuhan bebek. Pada usia dua minggu pertama bebek diberikan makan konsentrat 511 100%.

Saat bebek berusia 15-20 hari, ukuran bebek makin membesar dan siap untuk di pindahkan ke kandang yang lebih besar. Pada usia ini, bebek diberikan makanan jenis gowper yang lebih bertekstur dengan cara mencampurkannya dengan sedikit air dan diberikan sebanyak 3 kali sehari. Pada usia sekarang hingga panen, kamu bisa menambahkan dengan makanan campuran dari buatan sendiri, yaitu dengan komposisi konsentrat sebanyak 40% dan 60 % bisa kamu buat makanan campuran sendiri, yaitu berupa dedak, tepung ikan, atau tepung jagung. Agar panen bebek lebih berkualitas, bisa kamu tambahkan keong mas untuk pertumbuhan bebek agar lebih cepat panen dan pakan yang diberikan irit, bisa juga memberikan daun mengkudu untuk menguatkan daya tahan tubuh bebek.

Tentunya pastikan selalu ada air minum di area kandang, dan berikan obat anti stress saat bebek berusia 20 hari. Jerami pada kandang bebek dewasa juga tak boleh kurang, agar kelembaban kandang tetap terjaga. Lakukan pemeliharaan ini hingga bebek berusia 31-35 hari.

  1. Perawatan lainnya

Perawatan termasuk ke bagian tahap yang penting untuk kita perhatikan sedini mungkin agar bebek tidak terjangkit oleh berbagai penyakit. Pasti dalam memelihara ada kendala yang dihadapi, dalam perawatan bebek pedaging tantangan terbesarnya adalah penyakit dan hama.

Ada beberapa penyakit yang sering menyerang bebek pedaging antara lain:

  • Berak kapur
  • Kelumpuhan
  • Serta tidak nafsu makan.

Untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, pastikan perawatan kandang serta kebersihan senantiasa harus dijaga. Selain itu bis akita berikan vaksin berdasarkan dosis yang sudah di tentukan untuk bebek pedaging.

Letakkanlah bebek kedalam kandang dengan jumlah yang merata di setiap kandangnya, agar tidak terjadi penumpukan yang menyebabkan kematian bebek. Tentunya masing-masing kandang memiliki suhu dan kelembaban yang telah di sesuaikan.

Jangan lupa untuk memberikan vitamin dan pakan secara rutin agar bebek tumbuh menjadi varietas yang unggul

  1. Masa panen

Pada saat bebek berusia 35 hari, mulailah pilih bebek yang layak untuk dipanen dengan cara golongkan berdasarkan kualitas dan ukurannya. Jangan lupa jika periode ternak ini udah selesai, bersihkan kandang untuk periode bebek yang selanjutnya.

  1. Penjualan

Bibit bebek pedaging jantan dapat di bandrol dengan harga yang sangat murah. Selain itu, pertumbuhannya lebih cepat disbanding dengan bibit bebek pedaging betina.

Usahakan menjual bebek pedaging dengan usia yang masih muda, karena di usia muda tersebut, daging bebek masih empuk dan mempunyai rasa yang gurih serta nilai gizi yang masih tinggi.

 

Penulis

Safanissa Aliefia Ramadhiani
Mahasiswi Polbangtan Bogor


Tulisan Terkait: