jenis ikan predator
Sumber foto: Instagram @cichlid74

Jenis-jenis Ikan Predator Hias dan Harganya

Ikan predator merupakan ikan pemangsa hewan lain atau ikan yang lebih kecil yang lain sebagai makanannya.

Banyak orang yang memelihara ikan predator karena karakternya yang diam, namun menjadi gesit ketika memangsa makanannya.

Selain itu juga karena ikan predator memiliki rupa menawan dengan corak dan warna yang unik pada tubuhnya.

Mengutip jurnal berjudul The Effects of Interacting with Fish in Aquariums on Human Health and Well-being: A Systematic Review yang diterbitkan NCBI, hobi memelihara ikan punya manfaat positif.

Manfaat positif tersebut, antara lain membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres dan membuat hidup lebih menyenangkan.

Jenis-Jenis Ikan Predator Hias 

Berbagai jenis ikan predator hias dapat ditemukan di pasaran, mudah di jangkau pada lingkungan sekitar kita.

Berikut ini beberapa jenis ikan predator yang mudah dipelihara dan dicari.

1. Tiger Datz

Ikan Datz (Tiger Datz) salah satu ikan predator yang digemari komunitas pecinta ikan. Ikan Datz banyak ditemukan di sungai tropis.

Tiga jenis Ikan Datz asal Indonesia, diantaranya Datz Sumatera, Kalimatan, dan Papua. Selain di Indonesia, Ikan Datz juga banyak di budidayakan di negara Asia Tenggara lainnya, antara lain Thailand, Kamboja, dan Vietnam

Jenis ikan predator
Ikan Datz. Sumber foto: Instagram @donnylie87

Tubuh Ikan Datz memiliki corak belang seperti Harimau, banyak perpaduan antara warna dasar emas dan garis-garis hitam vertikal yang dikenal dengan sebutan bar.

Jumlah bar pada tubuh Ikan Datz juga mempengaruhi harga jualnya. Umumnya Ikan Datz dihiasi empat bar garis, sedang jika tiga bar biasanya harganya lebih mahal.

Karakter Ikan Datz lainnya, yaitu ikan ini termasuk tipe perenang tengah jika dipelihara dalam akuarium. Pakan yang diberikan berupa ikan kecil, jangkrir, dan potongan udang.

Harga: Rp60.000 per ekor.

2. Ikan Oscar

Ikan Oscar merupakan ikan asal perairan Sungai Amazon dan negara-negara Amerika Selatan lainnya, seperti Brazil, Kolombia, Ekuador, dan Peru.

Tubuh Ikan Oscar memiliki warna-warna unik seperti belang-belang. Karakter Ikan Oscar, yakni bersifat temperamental dan agresif.

jenis ikan predator
Ikan Oscar. Sumber foto: Instagram @cichlid74

Karakter Ikan Oscar yang agresif juga membuat ikan ini tidak bisa digabungkan dengan ikan jenis lainnya dalam satu akuarium.

Karatker Ikan Oscar yang agresif tidak begitu disarankan dipelihara oleh mereka yang pemula, akan lebih aman jika dipelihara oleh yang telah berpengalaman.

Pakan Ikan Oscar, dianratanya adalah cacing sutera, ulat, kutu air, udah rebon, jangkrik, dan ikan kecil. Jika perawatannya baik, Ikan Oscar bisa mencapai usia puluhan tahun.

Berikut beberapa jenis Ikan Oscar beserta harganya di pasaran:

  • Oscar Wild Argentina

Jenis ikan Oscar berukuran sedang. Warna dasar tubuhnya adalah kuning kecokelatan dengan corak warna hitam membuat ikan ini tampak menawan.

Harga: Rp200.000 – Rp300.000

  • Oscar Slayer

Oscara Slayer sebenarnya merupakan ikan dengan kelainan genetik, namun membuatnya unik. Asal usul namanya berasal dari keunikan bentuk ekornya yang panjang dan melambai-lambai.

Harga: Rp140.000 – Rp200.000

  • Albino Red Oscar

Termasuk jenis Ikan Oscar yang paling bagus dan mahal. Warna tubuhnya dominan merah, dengan kepala berwarna putih bercorak merah.

Matanya berwarna merah juga saat terkan cahaya, serta ujung sirip ikan berwarna putih.

  • Oscar Red

Ikan hias ini termasuk salah satu jenis oscar yang paling cantik di antara yang lainnya.

Sifat ikan ini cenderung agresif, galak, dan sering memakan ikan kecil, kepiting, dan udang.

Ciri fisik Ikan Oscar Red, yaitu agresif dan galak, namun warna fisiknya adalah merah mendekati oranye. Rata-rata dengan sisi sirip, ekor dan kepala berwarna hitam.

Ukuran ikan Oscar Red bisa mencapai 50cm di usia 10 tahun.

Harga: Rp110.000 – Rp125.000

 

3. Peacock Bass

Peacock Bass atau akrab disebut Pbass di kalangan pecinta ikan, memiliki corak polkadot yang membuat tampilannya menjadi unik.

Ikan predator cantik ini adalah ikan endemik asli Amerika Selatan. Mereka berkembang secara khusus di sungai Guianas dan lembah Amazon dan Orinoco, tepatnya perairan black water yang asam dan hangat.

peacock bass

Pada bagian caudal atau pangkal ekor, terdapat lingkaran seperti mata yang menjadi ciri khas ikan ini, sehingga membuatnya dijuluki ikan ocellaris atau ikan mata kecil.

Karakter ikan PBass terkenal sangat rakus dan agresif, bisa memakan apa saja. Sering berkelahi dengan ikan lain karena masalah teritorial.

Ikan PBass biasa aktif si siang hari. Saking agresifnya, ia akan melompat saat hendak menyergap mangsanya.

Peacock Bass mirip dengan ikan Oscar karena sama-sama termasuk ikan cichlid. Pakan ikan Pbass adalah ikan kecil, udang, dan serangga.

Memelihara ikan Pbass setidaknya berjumlah 5 ekor, agar tampak lebih indah dan hidup dalam akuarium.

Ikan ini biasanya hidup selama 8-10 tahun. Tapi mereka mungkin tinggal di akuarium kamu selama 15 tahun jika kondisi air di akuarium sesuai.

Ada 3 jenis peacock bass palign sering ditemukan di pasaran:

  • Ikan PBass Monoculus: Rp 150.000 – Rp275.000
  • Ikan PBass Orinoco: Rp30.000
  • Ikan PBass Blue Azul: Rp30.000

4. Ikan Channa

Ikan Channa sering dijuluki snakehead emperor karena bentuk kepalanya mirip seperti ular. Termasuk dalam golong ikan gabus dengan corak indah di sekujur tubuhnya.

Ikan Channa merupakan ikan hias dengan karakternya mirip ikan cupang, yang sering menyerang ikan lain di wilayahnya.

Ikan Channa

Karkaternya yang agresif tersebut membuat Ikan Channa lebih baik jika dipelihara di akuarium khusus tanpa digabung ikan hias lainnya.

Ikan Channa ada banyak jenis. Ikan channa lokal terdiri dari jenis yellow sentarum, red sampit, channa asiatica, dan strip merah.

Ikan Channa lainnya, bisa dibawa dari luar negeri seperti stewarti kalikhola, andrao, auranti, dan bleheri.

Biasanya bar pada tubuhnya ikan channa luar lebih cerah dibandingkan channa yang ditemui di Indonesia.

Harga Ikan Channa berdasar kualitasnya:

Harga: Rp15.000 – Rp85.000

5. Jewel Cichlid

Ikan hias predator lainnya adalah Jewel Cichlid, asalnya dari sungai dan danau di Afrika. Ikan ini sangat kuat dan mampu beradaptasi di segala kondisi air.

Sesuai namanya, ikan ini sangat bernilai tinggi. Tubuhnya didominasi warna merah, terkadang bervariasi ungu.

jenis ikan predator
Sumber foto: instagram @mattdavidseaquaticsuk

Ikan Jewel Cichlid dapat berkembang biak di akuarium dengan air sedikit asam dan bersuhu agak tinggi. Sifatnya yang agresif akan meningkat saat hendak berkembang biak.

Pakan ikan Cichlid adalah pelet atau cacing beku.

Harga: Rp10.000 – Rp20.000

6. Red Bellied Piranha

Red Bellied Piranha merupakan jenis ikan piranha favorit pecinta ikan hias. Penampilannya indah, dengan kulit berwarna perak berkilau dengan warna merah pada bagian perut dekat siripnya.

Red Bellied Piranha

Bentuk badannya menggelembung seperti lingkaran. Pakan ikan ini adalah serangga, cacing, krustasea, cacing, dan ikan kecil.

Ikan piranha ini memiliki karakter yang galak, ganas, dan senagn menggigit sehingga tidak disarankan untuk digabungkan dengan ikan lain.

Harga: Rp27.000 – Rp50.000

7. Ikan Arwana

Ikan Arwana termasuk jenis ikan yang mungkin sudah familiar di antara pecinta ikan maupun orang awam lainnya.

Banyak orang mengoleksi Ikan Arwana karena mudah ditemukan, warna dan bentuknya juga sangat indah.

Ikan Arwana

Di sisi lain, masih ada mitos mengatakan kalau memelihara Ikan Arwana dapat menolak bala dan membawa berkah.

Berbagai jenis Ikan Arwana terkenal, antara lain Arwana super red, Arwana Banjar, Red Tail Golden, Arwana Basil, dan Arwana Platinum.

Membudidaya Ikan Arwana juga dilakukan orang-orang sebagai bisnis, karena sekali diternak harga jualnya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta.

Berikut harga ikan arwana berdasar ukurannya dari yang paling kecil hingga semakin besar.

Harga: Rp600.000 – Rp13.500.000

8. Ikan Pari Air Tawar

Ikan Pari Air Tawar memiliki bentuk yang unik, dibandingkan ikan lainnya. Pola corak ikan ini juga variatif.

Terdapat dua jenis Ikan Pari Air Tawar, yaitu Pari Hitam, Cokelat, dan Motor. Beberapa keturunannya, seperti leopaldi, black diamond, dan galaxy.

Jenis ikan predator aquascape
Sumber foto: Instagram @aquapremiere.jkt

Ikan Pari Cokelat terkenal beberapa jenis diantaranya, motor albino, royal, dan marble.

Memelihara ikan pari tidak mudah, tingkat kesulitannya menengah. Ikan Pari ini sangat sensitif terhadap perubahan kondisi air.

Ikan unik yang tidak memilki sisik, sehingga saat terjadi perubahan susu dan kondisi air akan berdampak langsung pada tubuhnya.

Pakan yang bisa diberikan pada Ikan Pari Air Tawar, diantaranya irisan daging atau ikan putih seperti mujair, lele, gurame, udang mentah, kerang, cacing hitam, ulat bambu, dan jangkrik.

Harga: Rp1.250.000 – Rp16.000.000

Kesimpulan

Ikan preadator biasa dipelihara dalam akuarium sebagai ikan hias karena dipercaya oleh orang-orang membuat pikiran tenang dan mengurangi stress.

Berbagai macam ikan predator ini beragam harganya, karakter setiap ikannya juga berbeda. Mulai dari yang paling tenang sampai yang paling agresif.

Jika Anda pemula dalam emmeliahra ikan predator, maka bisa dipertimbangkan untuk memelihara ikan yang karakternya tenang terlebih dahulu agar lebih mudah merawatnya.


Tulisan Terkait: