Manfaat susu kambing di tengan pandemi covid-19

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda semua lapisan masyarakat, terbukti menjadi angin segar bagi para peternak. Diantaranya, peternakan kambing merupakan salah satu prospek peternakan yang cukup menarik saat ini, karena permintaan akan susu atau daging kambing di pasaran cukup besar, sehingga peternakan kambing dapat dijadikan sebagai solusi peternakan.

Selain sapi perah, sapi yang dapat berkembang menjadi sapi perah adalah kambing Saanen, yaitu kambing perah dengan postur tubuh yang sangat besar. Kambing jantan dapat memiliki berat hingga sekitar 60 kg, dan kambing betina dapat memiliki berat hingga 30-50 kg. Tingginya mencapai sekitar 90 cm dalam postur, sedangkan betina tingginya sekitar 80 cm.

Mungkin sedikit dari kita yang pernah mendengar istilah atau nama kambing Saanen. Kambing Saanen berwarna putih seluruhnya. Kambing Saanen juga memiliki tanduk yang panjang pada jantan dan betina.

Tak hanya itu, kandungan lemak susu lebih rendah, hanya mencapai 2,5% hingga 3%. Inilah mengapa konsumen menyukai susu kambing karena kandungan kolesterolnya yang rendah. Hal inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk memelihara kambing Saanen sebagai salah satu pilihan produksi susu kambing. Peluang bisnis baru yang potensial karena pasar susu kambing masih luas, termasuk produk olahannya.

Dibandingkan dengan susu kambing, susu sapi lebih populer. Pasalnya, di pasaran lebih mudah mencari susu sapi dan berbagai produk olahan seperti keju dan yoghurt dibandingkan susu kambing. Meski begitu, susu kambing sama-sama menyehatkan. Susu kambing dalam 100ml mengandung banyak nutrisi yaitu air: 85,9g, energi: 64 kalori, protein: 4,3g, lemak: 2,3g, karbohidrat: 6,6g, kalsium: 98mg, fosfor: 78mg, zat besi: 2,7 Mg, natrium: 35 mg , kalium: 160 mg

Susu kambing tidak hanya dijual dalam bentuk susu segar, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti susu rasa, yoghurt, sabun susu, es krim dan sebagainya. Peluang bisnis yang menarik untuk mulai dikerjakan.

Manfaat yang terkandung dalam susu kambing antara lain:

1. Baik untuk jantung

Susu kambing mengandung potasium yang merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Menurut catatan, pada dosis 100 ml, kandungan kalium dalam susu kambing mencapai 160 mg. Kalium dalam susu kambing dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Caranya, dengan mengurangi kandungan natrium dalam tubuh. Kadar natrium yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas memompa darah tentu harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah lebih terkontrol, kesehatan jantung pasti akan lebih terjaga.

2. Menjaga kesehatan sel tubuh

Selain membantu mengontrol tekanan darah, kalium dalam susu kambing juga terdapat di banyak sel tubuh, seperti sel otot, sel darah merah, hati, dan tulang. Artinya jika asupan kalium tercukupi, sel-sel dalam tubuh akan berfungsi dengan baik. Tidak hanya potasium, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Asam ini tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf, tetapi juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.

3. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Padahal, ada bakteri baik di perut Anda yang membantu pencernaan. Namun, jumlah bakteri menguntungkan ini tergantung pada jenis makanan yang Anda makan. Untungnya, susu kambing mengandung prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri menguntungkan. Jika jumlah bakteri menguntungkan dalam tubuh normal atau bahkan meningkat, maka proses metabolisme tubuh akan lebih baik. Bakteri ini akan membantu usus mencerna makanan dan melawan bakteri berbahaya. Artinya susu kambing baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Meningkatkan pH dalam tubuh

pH atau potensial hidrogen adalah kadar asam atau basa dalam suatu zat. Tidak hanya dalam makanan atau minuman, tubuh Anda juga memiliki pH normal 7-7,4. Namun, banyak masalah kesehatan dapat membuat tubuh Anda terlalu asam.

Tingkat keasaman yang tidak diinginkan dalam tubuh melemahkan sistem kekebalan dan membuat Anda lebih mungkin untuk sakit. Untuk menstabilkan pH dalam tubuh, Anda perlu mengontrolnya melalui asupan makanan dan minuman. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi susu kambing. Susu ini mengandung asam amino L-glutamine, yang bersifat basa, sehingga membantu menormalkan pH asam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Asam amino triptofan yang terkandung dalam susu kambing membantu tubuh memproduksi hormon serotonin. Hormon ini tidak hanya mengatur suasana hati, tetapi juga merangsang bagian otak yang mengontrol terjaga dan waktu tidur. Jika tubuh Anda tahu kapan harus bangun dan tidur nyenyak, siklus tidur Anda akan membaik. Anda dapat tertidur dengan mudah dan tertidur dengan tenang.

6. Rendah lemak

Susu kambing juga mengandung lemak, namun kandungannya lebih sedikit. Lemak dalam susu kambing banyak mengandung asam lemak esensial, seperti asam linoleat dan asam arakidonat. Kedua asam lemak ini menjadi sumber energi yang cepat terbakar dan tidak disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Oleh karena itu, pengendapan kolesterol berkurang. Ini juga akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, susu kambing juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, mengobati diabetes, mengobati penyakit pernapasan, mengobati dermatitis kronis (psoriasis), mencegah penyakit syaraf, memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan laktasi ibu, meningkatkan kecerdasan. Jadi diwaktu pandemi covid seperti saat ini minuman yang mengandung banyak protein seperti minuman susu kambing saanen baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Tulisan Terkait: